PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Redemptus De Ferento Nino, Budijanto Budijanto, Ach. Amirudin

Abstract


Guru memiliki peran sangat penting dalam suatu proses pembelajaran di mana guru harus mampu mengembangkan materi dan merencanakan pembelajaran dengan baik sehingga dapat dicerna oleh siswa. Group Investigation merupakan suatu model pembelajaran yang dapat digunakan guru mata pelajaran geografi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Group Investigation merupakan model pembelajaran dimana kegiatan pembelajarannya melibatkan siswa dalam kelompok kecil untuk melakukan penyelidikan. Group Investigation dapat mendorong siswa untuk menemukan informasi baru melalui penyelidikan dan dapat mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa SMA.

Keywords


Group Investigation;Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ratih P, Retno Sri I, R.Susanti, & Supriyanto. 2012. Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Journal of Biology Education. 1 (3) Handayani, Tri L, Amin R, & Lina H. 2013. Efektivitas Group Investigation Ditunjang Penugasan Awetan Bioplastik Terhadap Hasil Belajar dan Minat Wirausaha. Unnes Journal of Biology Education. 2(1) Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Purwanto, Edy. 2010. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Disajikan dalam rapat senat terbuka di Universitas Negeri Malang pada 6 Mei 2010

Slavin.R.E, 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Diterjemahkan Narulita Yusron. Bandung:Nusa Media Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Ulfah, Restu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA Negeri 1 Banjarbaru. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.