PEMANFAATAN VIDEO KISAH INSPIRATIF SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PPKn GUNA MENINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA PADA SISWA

Nur Fitrotun Nikmah, Nur Fitriatul Maghfiroh

Abstract


Inovasi pembelajaran adalah suatu upaya pembaharuan yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan melalui berbagai komponen, salah satunya yakni media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi di dalam kelas akan membantu peserta didik untuk memahami materi, peserta didik akan lebih antusias selama proses pembelajaran serta tujuan pembelajaran akan tercapai. Tujuan pembelajaran tidak hanya pada aspek kognitif namun juga aspek afektif, dan psikomotorik. Pendidik harus dapat memberikan berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada siswa secara lebih nyata dengan memanfaatkan media yang ada. Serta pendidik harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang mendukung tercapainaya tujuan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang efektif dengan memanfaatkan media video tentang kisah inspiratif untuk meningkatkan prestasi siswa pada kompetensi bela negara, serta kesadaran bela negara demi mewujudkan semangat berjuang demi kemajuan bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif untuk memahami sikap, pandangan, perasaan, dan perilaku individu atau sekelompok orang melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi secara langsung yang dilaksanakan di Kelas X TKBB 2 SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemanfaatan video kisah inspiratif yang ditayangkan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), siswa menjadi termotivasi dan secara tidak sadar siswa dituntut untuk menjadi individu yang memiliki semangat tinggi dalam belajar dan memiliki kesadaran bela negara serta menanamkan semangat berjuang untuk mengapai cita-cita demi nusa dan bangsa

Keywords


inovasi pembelajaran; video kisah inspiratif; kesadaran bela negara

Full Text:

PDF

References


Astuti, E.Y. 2016. Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Lesson Study di Madrasah Tsanawiyah Bantul Kota. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1), 1-14. Ibrahim. 1988. Inovasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud. Jarwanto. 2015. Pemanfaatan Kisah Inspiratif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Mendiskripsikan Pranata Dan Penyimpangan Sosial Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Saradan Tahun 2015. Jurnal Bioma. Jayanti, Armita. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus IV Kediri, Tabanan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 2 (1), 1-11. Retrieved from (ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGS D/article/viewFile/1927/1676) Moleong, L. J. 2016. Metodelogi PenelitianKualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Republik Indonesia. Undangā€Undang Dasar 1945. Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.