ANALISIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA DI LAMONGAN

Listia Adhayul Faridah, Murni Sapta Sari, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Perangkat pembelajaran merupakan pedoman pendidik dalam mengatur kegiatan pembelajaran. Kurang terampilnya pendidik menyusun perangkat pembelajaran dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar menjadi penyebab efektivitas pembelajaran menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran biologi SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Tanggal 23 September− 3 Oktober 2016. Responden pada penelitian berjumlah 106 siswa SMA dan 4 guru mata pelajaran biologi. Instrumen pada penelitian ini adalah angket dan lembar analisis dokumen perangkat pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh pendidik telah mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dengan dengan skor rata-rata 70% kategori cukup baik dan instrumen penilaian kognitif pada level kognitif C1-C3. Bahan ajar berupa LKS berasal dari penerbit, 50% pendidik telah menggunakan model pembelajaran berbasis pada pendekatan saintifik, serta belum optimalnya pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa pendidik masih kurang terampil dalam menyusun perangkat pembelajaran sehingga dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan sumber belajar yang memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

Keywords


perangkat pembelajaran; potensi lokal; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya. Corebima, Duran. 2004. Asesmen Autentik. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._biologi/AHMAD_S AMSUDIN/Evaluasi_Pembelajaran_biologi/SlideAutentik_asesmen_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf.,diakses tanggal 03 Maret 2016. Erdogan, M., Usak, M., and Bhar, M. 2012. A Review of Research on Enviromental Education in Non-traditional Settings in Turkey, 2000 and 2011. International Journal of Enviromental &Science Education. 8 (1). 37-57. Harlen, W. (1992). Teaching of Science. London: David Fulton Publisher. Hartati, T.A.W., Corebima, A.D., Suwono, H. 2015. Perbandingan potensi model pembeljaaran berbasis konstruktivisme (inkuiri terstruktur dan siklus belajar 5e) dalam memberdayakan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik rendah. Prosiding seminar nasional biologi FKIP UNS 2015. Hariyadi, D., Ibrohim, dan Rahayu, S. 2016. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan proses dan penguasaan konsep IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kopang Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(8): 1567-1574. Ibrahim, M. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press. Ibrohim. 2015. Pengembangan ppembelajaran IPA/ Biologi berbasisi Discover/ Inquiry dan potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan dan sikap ilmiah serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sains & Enterpreneurship II. Universitas PGRI Semarang, Semarang, Agustus 2015. Khan M. and Iqbal, M.Z. 2011. Effect Of Inquiry Lab Teaching Method On The Development Of Scientific Skill, Teaching Biology, Secondari Scholl Science Student, (11): 170-178 Khan, M. 2012. A Comparison of an Inquiry lab Teaching Method and Tradisional lab teaching method upon scientific attitude of biology student. Language in india. 12 (1): 398-410. Komalasari , K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama. Lawson, A.E. 2000. Managing The Inquiry Classroom: Problem and Solutions. The America Biology Teacher. 62(9): 641-648. Listyawati, M. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaraan IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education. 1 (1): 61-69. Nagalski. 1980. Why Inquiry Must Hold its Ground. The science Teacher. 47 (4): 24-27.

Nuryani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang Pantiwati, Y. 2015. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 1 (1): 18- 27. Prasetyo, Z.K. 2013. Pembelajaran Sains berbasis Kearifan Lokal. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. FKIP UNS. Surakarta 14 September. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-.-A.Salinan-Permendikbud-No.-22-th-2016-ttg-Standar-Isi.pdf), diaskes 15 November 2016. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-.-A.Salinan-Permendikbud-No.-23-th-2016-ttg-Standar-Proses.pdf), diaskes 15 November 2016. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar sarana dan prasarna sekolah/ madrasah pendidikan Umum. BSNP. (Online), (http://bsnpindonesia.org/id/wp-.-A.-Salinan-Permendiknas-No.-24-th-2007-ttgStandar-Proses.pdf), diaskes 15 November 2016. Pitafi dan Farooq (2012)Pitafi, A.I and Farooq, M. 2012. Measurement of Scientific Attitude of Secondary School Student in Pakistan. Academic Research International. 2 (2): 379-392. Saptorini, 2011. Pengembangan model pembelajaran berbasis inkuiri sebagai upaya peningkatan kemampuan inkuiri guru kimia di kabupaten demak. fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri semarang.http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/rekayasa/article/downl oad/303/291 (Online), diakses 10 Mei 2016. Sapuroh, 2010. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Biologi pada Konsep Monera, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sukarti, 2009. Pemahaman guru pengampu mata pelajaran ipa (fisika) sekolah menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.