ANALISIS TINGKAT IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BIOLOGI SMA/MA DI GRESIK

Kholishotul Fuadah, Murni Saptasari, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Kurikulum 2013 menuntut pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran yang mendukung pendekatan tersebut, salah satunya yaitu Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat implementasi PjBL pada materi biologi SMA/MA di Gresik berdasarkan ada tidaknya pengalaman guru dalam mempelajari dan melaksanakan PjBL dan pengalaman siswa mengerjakan tugas proyek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Responden meliputi guru biologi dan siswa SMA/MA di Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77,78% guru pernah mempelajari PjBL dan 70% pernah menerapkannya dalam pembelajaran. Namun, 89,50% siswa menyatakan tidak mendapat tugas proyek. Kategori siswa yang tidak mendapat tugas proyek meskipun pembelajaran yang dilakukan adalah PjBL disebabkan tugas yang diberikan hanya sampai pada tahap mendesain proyek, guru yang mengajar berbeda dengan sampel, dan kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan  bahwa tingkat implementasi PjBL di Gresik belum optimal karena sebagian besar pembelajarannya belum menghasilkan produk

Keywords


Tingkat implementasi; Project Based Learning; Biologi; Gresik

Full Text:

PDF

References


Ahmed, A. K. (2013). Teacher-Centered Versus Learner-Centered Teaching Style. Journal of Global Business Management, 9(1), 22-34. Astawa, I. M. W., Sadia, W., & Suastra, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. eJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1-10. Baumgartner, E. & Zabin, C. J. (2008). A case study of project-based instruction in the ninth grade: a semesterlong study of intertidal biodiversity. Environmental Education Research, 14(2), 97–114. Etherington, M. B. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9), 53-74. Harun, Y. B. (2006). Project-Based Learning Handbook, Educating The Millennial Learner. Kuala Lumpur: Ministry of Education. Karaca, E., Karahoca, D., & Karahoca, A. (2016). Project Based Learning Approach In Pedagogical Agent Assisted Learning Environment. Global Journal of Information Technology, 6(1), 52–64.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Kilpatrick, W. H. (1918). The project method. Teachers College Record, 19, 319– 335. Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya. Levin, D. M. (2009). The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions in Teaching and Learning. Science Education, 94(1), 29-47. Llewellyn, D. (2002). Inquire Within Implementhing Inquiry-Based Science Standards. United States of America: Corwin Press, Inc. Luckin, R., Mavrikis, M., Avramides, K., & Cukurova, M. (2015). Analysing Project Based Learning Scenarios to inform the design of Learning Analytics: Learning from related concepts. AIED 2015 Workshop Proceedings, 2, 2531. Luthvitasari, N., Made, N., & Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 92-97. Murwami, E. D. (2006). Peran Guru dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 6, 59-68. Omar, R., Puteh, S. N., & Ikhsan, Z. (2014). Implementation of Science Skills Process in Project Based Learning Through Collaborative Action Research. Proceedings of the 7th International Conference on Educational Reform (ICER), The National University of Malaysia, Malaysia, 2014. Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Grup. Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81. Romlah, O. (2009). Peranan Praktikum dalam Mengembangkan Keterampilan Proses dan Kerja Laboratorium. Makalah disajikan dalam pertemuan MGMP Biologi Kabupaten Garut, Garut, 3 Februari. Rustaman, Nuryani Y., Soendjojo D., Suroso A. Y., Yusnani A., Ruchji S., Diana R., & Mimin N. K. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas pendidikan Indonesia.

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-10. Shadaika, M., Ramli, M., & Nurmiyati. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Potensi Makroalga Daerah Pesisir Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 1 Tanjungari Gunungkidul D. I. Yogyakarta. Prosiding seminar nasional konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam, 283-288. Sumarni, W. (2015). The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research, 4(3), 478-484. Washton, N. S. (1952). A Scientific Approach to Curriculum Construction. School Science and Mathematic, 52(4), 285–290. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.19498594.1952.tb06862.x/abstract. Watson, R. Prieto, T., & Dillon, J. S. (1995). The effect of practical work on students' understanding of combustion. Journal of Research in Science Teaching, 32(5), 487–502. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/tea.3660320506/abstract. White, J. C. (2007). Learner-Centered Teacher-Student Relationships Are Effective: A Meta-Analysis. Review of Educational Research, 77(1), 113– 143. Yalcin, S. A., Turgut, Ü., & Buyukkasap, E. (2009). The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1), 81-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.