IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MOTORIK MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TAMAN-KANAK-KANAK BINA ANAPRASA KARANGANYAR PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 201

Fitriyah B

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa pendidikan anak di Taman Kanak-Kanak bertujuan untuk memfasilitasi meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Karena pada masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, pendidikan anak pada masa ini tidak boleh dilakukan terlalu serius dengan menghilangkan kegemaran anak dalam bermain. Dengan belajar sambil bermain, anak akan merasa senang dan dapat mengembangkan keterampilan motoriknya secara cepat. Ada dua tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini: 1) Menggambarkan tentang implementasi pembelajaran motorik di Taman KanakKanak Bina Anaprasa Karanganyar Paiton Probolinggo, Tahun 2016; 2) Menggambarkan perkembangan motorik anak setelah diterapkan pembelajaran melalui kegiatan bermain di Taman-Kanak-Kanak Bina Anaprasa Karanganyar Paiton Probolinggo, Tahun 2016. Penelitian ini dikemsa sebagai penelitian tindakan kelas, agar hasil penelitian dapat teruji keabsahnnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti melakukan inovasi pembelajaran melalui penerapan teknik belajar sambil bermain. Dalam pembelajaran ini anak didik dibagi ke dalam dua kelompok. Dan di dalam setiap kelompok ditunjuk para pemain (pemeran utama dan pemeran pembantu) agar dapat mengaktifkan para anak didik dalam permainan. Untuk efektifitas dan efisiensi, pembelajaran, maka dilakukan melalui tiga siklus, di mana dalam setiap siklus dilakukan obersevari secara cermat tentang kemajuan belajar anak didik. Observasi ditakukan dengan menggandeng wali kelas sebagai mitra penelitian yang bertugas melakukan pencatatan terhadap proses pembelajaran. Dan pada siklus terakhir, peneliti melakukan diskusi dengan mitra peneliti untuk mengetahui tingkat kemajuan perkembangan motorik anak didik

Keywords


pembelajaran motorik; kegiatan bermain; taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Buchori, M. 2000. Teknik-Teknik Evaluasi Dalam Pendidikan. Bandung: Jemmars Daradjat, Z.. 2000. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang Dep. P & K, 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka F.X. Soedarsono, 2001, Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Gugus Action Research Bahasa Biologi Kabupaten Malang. 1999/2000. Upaya Peningakatan Mutu Hasil Belajar Biologi Kelas 2 di SLP se-Kabupaten Malang Melalui Metode Belajar Kontruktivisme Dengan Menggunakan Strategi Penugasan Pembuatan Poster. Jurnal Genteng Kali. Th. III Keputusan Mendikbud Nomor: 0486/U/1992 tentang Pendidikan Prasekolah. Langgulung, H. 2004. Manusia dan Pendidikan (Suatu Analisa Psiko dan Pendidikan). Jakarta : Pustaka al-Husna Miles dan Hubberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia, 1992 Reber, A. S. 1988. The Penguin Dictionary of Psychology. Ringwood Victoria: Penguin Books Australia Ltd

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya UU. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara Wiriaatmadja, R. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006) Yusuf, S. 2005, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, Zuhairini. 1993. Methodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.