MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)

Evan Ardi Prayoga, Heri Suwignyo, Alif Mudiono

Abstract


Keterampilan menulis teks eksposisi penting dilatihkan pada siswa untuk menyampaikan gagasan atau ide secara tertulis. Pada pelaksanaannya pembelajaran menulis teks eksposisi di sekolah dasar belum maksimal. Pembelajaran menulis teks eksposisi tanpa memperhatikan tahapan menulis dan masih klasikal berupa pemberian contoh teks eksposisi dilanjutkan pemberian tugas menulis teks eksposisi pada siswa dengan topik yang sudah ditentukan guru. Diperlukan model pembelajaran yang dapat dipadukan dengan tahapan menulis tanpa merubah lalngkah-langkah pembelajaran dalam model. Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat dipadukan dengan tahapan menulis teks eksposisi yakni (1) menentukan topik teks ekposisi, (2) membuat kerangka teks eksposisi, (3) mengumpulkan referensi, dan (4) mengembangkan kerangka teks eksposisi. Model CIRC lebih baik dari model pembelajaran konvensional/ceramah karena model CIRC melatih siswa untuk memberikan tanggapan secara bebas dan kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa. Langkah-langkah model CIRC yang dapat dipadukan dengan tahapan menulis eksposisi yakni: (1) pemberian wacana sesuai dengan topik pembelajaran pada siswa, (2) siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok yang terdapat dalam wacana kemudian memberikan tanggapan terhadap wacana yang ditulis pada lembar kertas, (3) siswa mempresentasikan/membacakan hasil diskusi kelompok, (4) guru memberikan penguatan (reinforcement).

Keywords


keterampilan menulis; teks eksposisi; model circ

Full Text:

PDF

References


Anderson, M. dan Anderson, K. (2003). Text Types in English. Australia: McMillan Education Australia PTY LTD Lestari, A.P. (2015) Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. e-Journal S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/22732/ Kosasih, E. dan Restuti. (2013). mandiri bahasa indonesia untuk smp/mts kelas vii. Jakarta: Erlangga. Kusumawati, R. (2013) Keefektifan Strategi Kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Pembelajaran Menulis Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMPNegeri 5 Klaten. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/20911/ MacArthur, C.A. dan Jill F. (2007). Best Practices In Writing Instruction. New York: The Guilford Press. Slavin. R.E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media. Steven, R.J., Slavin, R.E., dan Farnish, A.M. (1991). The Effects of Cooperative Learning and Direct Instruction in Reading Comprehension Strategies on Main Idea Identification. Journal of Educational Psychologi, 83, hlm. 8-16 Sutarno,H. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK. e-Journal Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK) . Universitas Indonesia. 3 (1) .Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/ Suyitno, A. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional. Jurusan Matematika FMIFA UNNES. Tarigan, H.G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Tompkins, G. dan Hoskinson, K.(1991). Language Art: Content and Teaching Strategies. New York: Maxwell MacMillan International Publishing Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.