STRATEGI POGIL: ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN SAINS

Erga Kurniawati

Abstract


Pembelajaran IPA atau sains memiliki dua komponen penting yaitu konten dan proses. Pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan komponen konten  dan proses adalah POGIL. POGIL memiliki lima tahap pembelajaran yaitu orientasi, eksplorasi, konstruksi konsep, aplikasi dan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran POGIL guru membimbing siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang  yang mampu mendorong siswa untuk berpikir secara logis dan analitis menuju  kepada konstruksi pengetahuan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berperan sebagai stimulasi intelektual yang memungkinkan siswa untuk melatih keterampilan dalam berpikir ilmiah. Dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir ilmiah diharapkan pemahaman konsep siswa juga semakin tinggi. Oleh karena itu pembelajaran POGIL pada pembelajaran sains perlu dilaksanakan sehingga dicapai pemahaman yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif terhadap pemahaman konsep siswa.

Keywords


strategi POGIL; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Bao, L., Cai, T., Koenig, K., Fang, K., Han, J., Wang, J., & Wu, N. (2009). Learning and Scientific Reasoning. Science, 323(5914), 586-587. Barthlow, M. J. 2011. The Effectiveness Of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conception in Secondary Chemistry. Unpublished Doctoral Disertation, Liberty University, Lynchburg. Coletta, V. P. & Phillips, J. A. 2005. Interpreting FCI Scores: Normalized Gain, Reinstruction Scores, and Scientific Reasoning Ability. American Journal of Physics,73(12), 1172-1179. Hanson, D. M. 2006. Instructor’s Guide to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Lisle,IL : Pasific Crest.

Hanson, D. M. 2005. Designing Process Oriented Guided Inquiry learning Activity . Lisle,IL : Pasific Crest. Moog, R.S. & Spencer, J.N. 2008. POGIL: An Overview. Dalam R.S. Moog, J.N. Spencer & T.J. Greenbowe (Eds.), Process Oriented Guided Inquiry Learning ACS Symposium Series 994(1-11). USA: Oxford University Press. Rajan, N & Marcus, L. 2009. Student Attitudes and Learning Outcomes from Process Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) Strategy in an Introductory Chemistry Course for Non-science Majors: An Action Research Study. ChemEducator, 14:85-93. Sen, S. & Yilmaz, A. 2015. The effects of process oriented guided inquiry learning environment on students’ self-regulated learning skills. Problem in Education of 21th Century. 66 : 54-66. Straumanis, A. 2010. Classroom Implementation of Process Oriented Guided Inquiry Learning A Practical Guide For Instructors 2nd edition. (Online) (www.pogil.org) Zawadzki, R. 2010. Is Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) Suitable as a Teaching Method in Thailand’s Higher Education?. Asian Journal Education & Learning, 1 (2): 66-74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.