MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA
Ahmad Mubarok
Abstract
Berdasarkan permendiknas no.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang menyebutkan bahwa di dalam proses pembelajaran, guru harus menerapkan berbagai pendekatan, model, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dan kreatif. Flipped classroom merupakan pembalikan prosedur , di mana yang biasanya dilakukan di kelas dalam pembelajaran tradisional menjadi dilaksanakan di rumah dalam flipped classroom, dan yang biasanya dilaksanakan di rumah sebagai pr dalam pembelajaran tradisional menjadi dilaksanakan di kelas dalam flipped classroom. Pelaksanaan model flipped classroom ini bisa diberikan atau diwujudkan dalam berbagai bentuk media pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan fasilitas mobile learning. Sehingga dengan pelaksanaan model ini dalam pembelajaran diharapkan dapat dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa atau yang lebih dikenal dengan student center learning, meski pada kenyataannya siswa tidak bisa begitu saja dibiarkan untuk menggali informasi dengan sendirinya tanpa adanya petunjuk atau arahan dari guru meskipun begitu, keberhasilan proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh faktor ekstern seperti model, metode dan model pembelajaran, tetapi juga ditentukan oleh faktor intern dari peserta didik. Menurut sugihartono, dkk (2007:76) faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar individu sedang faktor internal adalah faktor yang ada dalam individu yang sedang belajar, salah satunya adalah motivasi belajar peserta didik. Menurut sugihartono, dkk (2007:20) motivasi merupakan suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu dan yang memberi arah dan ketahanan pada tingkah laku tersebut. Motivasi belajar yang tinggi tercermin dari ketekunan yang tidak mudah untuk mencapai sukses meskipun dihadang oleh berbagai kesulitan.
Keywords
flipped classroom; motivasi belajar; model pembelajaran
References
Aridhianto, c.n. 2015. Analisis kondisi fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa kelas atas sekolah dasar se-gugus ii kecamatan samigaluh kabupaten kulon progo. Skripsi. Yogyakarta: fip uny Bergmann, j., & sams, a. 2014. Flipped learning: gateway to student engangement. Learning & leading with technology, may 2014(online) diakses tanggal 20 maret 2017 htttp://files.hbe.com.au/infosheets/ist4803.pdf Fraenkel, j.r.,& wallen, e. 2009. How to design and evaluate research in education seventh edition. New york.: mcgraw-hill. Fulton, k. 2012. Upside down and inside out: flip your classroom to improve student learning. Learning a leading with technology, 39(8), 12-17. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi pendidikan¬. Yogyakarta: uny press. Sunadi, l. 2013. Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi ips di sma muhammadiyah 2 surabaya. Jurnal pendidikan ekonomi, (online), 1 (3): 1-19, (http://ejournal.unesa.ac.id), diakses 22 februari 2016. Winardi, j. 2008. Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: rajawali press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.