MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI KOMPETENSI PERHITUNGAN TAHUN KABISAT MASEHI PEMBELAJARAN ILMU ALAM KELAS VI SD

Yudi Rohmad

Abstract


Materi pelajaran yang harus dipelajari anak-anak SD tidak sedikit yang bersifat abstrak, diantaranya materi-materi terkait benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, planet, dan benda-benda angkasa lainnya. Materi-materi serupa membutuhkan media dan sumber belajar interaktif agar siswa lebih mudah memahami. Termasuk materi perhitungan kalender sebagai bagian dari kompetensi Sistem Tata Surya, yang di dalamnya juga membahas tentang perhitungan Tahun Kabisat dengan cirinya terdapat tanggal 29 di bulan Februari pada tahun tersebut. Materi tentang Tahun Kabisat ini terkendala masalah visualiasi. Karena untuk lebih memahaminya siswa butuh melihat bukti langsung bulan Februari pada tahun kalender yang dimaksud. Sehingga membutuhkan kalender cetak setidaknya selama 4 tahun untuk membandingkannya. Sedangkan sangat jarang bisa didapatkan kalender cetak untuk tahun yang sudah lewat, dan belum tersedia untuk tahun yang belum terjadi. Apalagi yang termasuk Tahun Kabisat bukan hanya tahun yang habis dibagi 4, seperti tahun 2004, 2008, 2012, 2016, 2020, tetapi tahun kelipatan 100 yang tidak habis dibagi 400 tidak termasuk tahun kabisat, misalnya tahun 1700, 1800, 1900, 2100, meskipun tahun-tahun ini habis dibagi 4. Dengan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kalender, guru dapat memperlihatkan visualisasi nyata secara interaktif kepada siswa berupa tampilan kalender Masehi dari tahun 1 sampai 30.000 Masehi. Untuk melihat-lihat kalender pada bulan dan tahun yang dituju hanya dengan mengklik tombol spinner untuk menaik-turunkan angka tahun yang tersedia 4 tombol, yaitu kelipatan 1 tahun, 10 tahun, 100 tahun, dan 500 tahun. Sehingga untuk menuju bulan dan tahun yang dimaksud hanya butuh waktu yang sangat singkat.

Keywords


Media Interaktif; Aplikasi Kalender; Tahun Kabisat Masehi; Ilmu Alam

Full Text:

PDF

References


Anugraha, R. 2012. Mekanika Benda Langit: Bahan Ajar Jurusan Fisika Fakultas MIPA. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Mayer, R.E. 2009. Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi (Utami Maska, Ed). Terjemah: Teguh Wahyu Utomo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Miarso, Y. 2005. Menyemai Benih-Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Santrock, J.W. 2014. Psikologi Pendidikan (Edisi 5). Terjemah: Harya Bhimasena. Jakarta: Salemba Humanika. Schunk, D.H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Terjemah: Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Terjemah: Dewi S. Prawiradilaga et al. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta. Setyosari, P., & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas. Slavin, R.E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Buku 1). Terjemah: Marianto Samosir. Jakarta: PT Indeks. Smaldino, S.E., Lowther, D.L. & Russel, J.D. 2014. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Terjemah: Arif Rahmad. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.