ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP PENGGUNA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC

Wiku Aji Sugiri, Sihkabuden Sihkabuden, Saida Ulfa

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah memberikan pengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan di abad 21. Pembelajaran konvensional secara perlahan kian berubah menjadi pembelajaran dengan variasi model dan pendekatan yang beragam. Salah satu model pembelajaran yang sedang dikembangkan oleh beberapa instansi pendidikan ternama yakni model pembelajaran kolaboratif. Massive Open Online Course (MOOC) menjadi salah satu pilihan dalam mengembangkan pembelajaran kolaboratif. MOOC merupakan sistem pembelajaran berupa kursus online secara besarbesaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web. Selain menyediakan materi kursus tradisional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOC juga menyediakan forum pengguna interaktif yang membantu dalam membangun komunitas untuk mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar. MOOC merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh. Namun, tidak semua dapat sepakat bahwa pembelajaran kolaboratif yang memanfaatkan MOOC dapat meningkatkan motivasi belajar secara signifikan. Dalam hal ini, analisis Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna MOOC dirasa sangat dibutuhkan sebagai bahan evaluasi. TAM bertujuan untuk menjelaskan dan memperkirakan penerimaan (acceptance) pengguna terhadap suatu sistem informasi. TAM menyediakan suatu basis teoritis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan terhadap suatu teknologi dalam suatu organisasi. TAM menjelaskan hubungan sebab akibat antara keyakinan (akan manfaat suatu sistem informasi dan kemudahan penggunaannya) dan perilaku, tujuan dan keperluan, dan penggunaan aktual dari pengguna/user suatu sistem informasi.

Keywords


TAM; MOOC; Pembelajaran Kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Anonimous.2013. MOOC: Kuliah di Universitas Dunia. (online) (dalam https://gudanglinux.wordpress.com/2013/12/26/mooc-kuliah-diuniversitas-kelas-dunia/), di akses 01 Maret 2017 Anonimous. 2015. Cara Baru Belajar Berplatform MOOC di IndonesiaX. (online) (dalam http://www.kompasiana.com/m_yunus/cara-baru-belajar-berplatformmooc-di-indonesiax_5680c3450323bdf5052795dc), di akses 01 Maret 2017 Ardhiani, Lisa Noor. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.Com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB) Di Sma Negeri 7 Yogyakarta. Tugas Akhir. Universitas Negeri Yogyakarta Budi, 2010. Sekilas Tentang Technology Acceptance Model (TAM). (online) (dalam https://statistikakomputasi.wordpress.com/2010/03/18/sekilas-tentangtechnology-acceptance-model-tam/) Dalton EM, Pérez L, Grant K. 2016. SOOC: addressing varied learning needs through online professional learning and UDL. Di dalam: Journal on Technology and Persons with Disabilities; 2014 Okt 20; New Orleans, LA. Northridge (US): Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). hlm 14. Destiana, Bonita. 2015. Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Terhadap PenerapanSistem E-Learning Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) di Sma N 1 Wonosari. Tugas Akhir. Universitas Negeri Yogyakarta Devi, Nyoman Sherina., Suartana, Wayan. 2014. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):167-184 ISSN: 2302-8556 Jogiyanto, H. M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Krause, DS dan Lowe, eds. 2014. Invasion of the MOOCs The Promise and Perils of Massive Open Online Courses. English. Anderson South Carolina (US): Parlor Press. Chap. MOOCology, p. 3. 254 pp. ISBN: 9781602355347. DOI: 1602355339. United States of America. McGreal R, Kinuthia W, Marshall S. 2013. Open Educational Resources: Innovation, Research and Practice. Vancouver (CA): Commonwealth of Learning and Athabasca University. hlm 7-9 Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya 56 Supriadi, 2015. Analisis Paradigma Pendidikan Indonesia Tuntutan Abad 21. (online) (dalam http://teoribagus.com/paradigma-pendidikan-indonesia-abad-21), di akses 01 Maret 2017 Surendran, Piyanka. 2010. Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. AMA International University, Bahrain Yuadi, I., 2009. Analisis Technology Acceptance Model terhadap Perpustakaan Digital dengan Structural Equation Modeling. Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan. (online) (dalam http://palimpsest.fisip.unair.ac.id/images/pdf/imam.pdf.)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.