EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Sofyan Hadi

Abstract


Era digital merupakan masa dimana perkembangan teknologi terjadi di seluruh belahan dunia. Sebagai masyarakat yang hidup di era digital ini, sepatutnya kita mengikuti arus perkembangan teknologi yang saat ini kita rasakan. Memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah-masalah dalam dunia pendidikan merupakan tindakan yang bijaksana. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah menggunakan media video berbasis teknologi komputer sebagai media pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Beberapa temuan dari kelebihan video yang diantaranya bersifat menyenangkan bagi siswa, mampu memberikan sajikan informasi yang konkret, dan mampu menghadirkan pengalaman belajar yang tidak mungkin didapatkan siswa di luar lingkungan sekolah, seperti sejarah kemerdekaan misalnya. Ketiga kelebihan tersebut menjadikan video dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, meningkatkan motivasi belajar siswa serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, media video juga dinilai efektif digunakan untuk jenjang siswa sekolah dasar karena ketiga kelebihan tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa sekolah dasar yang berada pada fase operasional konkret.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera Dewi, N. P. A. M., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/675), Diakses 14 April 2017

Dewi, N. L. P. G. K., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SDN 2 Dangin Puri. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1261), Diakses 14 April 2017 Febriani, C. 2017. Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 5 (1): 11-21, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/), Diakses 14 April 2017 Heinich, R., dkk. 2002. Instructional Media and Technologies for Learning: Seventh Edition, New Jersey: Pearson Education, Inc. Irfan, A., dkk. 2016. Perbedaan Media Audio Visual dan bukan Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), (Online), 24 (1): 1-8, (http://journal.um.ac.id/index.php/jwsd/article/view/7983), Diakses 14 April 2017 Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. EJurnal Ikip Madiun, (Online), 2 (2): 98-117, (http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50), Diakses 3 Mei 2017 Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), 1 (1): 32-36, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2010), Diakses 14 April 2017 Purwanto, W., dkk. 2016. Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Power Point untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, (Online), 1 (9): 17001705, (DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721), Diakses 14 April 2017 Sarkono, dkk. 2016. Penerapan Pendekatan Savi berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, (Online), 1 (7): 1235-1241, (DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524), Diakses 14 April 2017 Setiawan, R. 2014. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran STAD Bermedia Video dan STAD Nonvideo. Jurnal Pendidikan Humaniora, (Online), 2 (2): 112-117, (DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jph.v2i2.4450), Diakses 14 April 2017 Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. 2016. Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (Online), 49 (2): 48-58, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009), Diakses 14 April 2017 Supryadi, P. E., dkk. 2013. Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1492), Diakses 14 April 2017 Suryansyah, T. & Suwarjo. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 4 (2): 209-221, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8393), Diakses 14 April 2017 Susiawan, I. K., dkk. 2013. Pengaruh Strategi Guided Note Taking berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Desa Sari Mekar. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1200), Diakses 14 April 2017 Widiantari, N. N., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1), (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/819), Diakses 14 April 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.