PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Muslim AR, Suyono Suyono, Nuchasanah Nuchasanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan variabel bebas yaitu minat baca, dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD An Nur Tumpang Kabupaten Malang sebanyak 33 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik pemberian angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif antara minat baca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD An Nur Tumpang Kabupaten Malang. Nilai kontribusi diperoleh dari minat baca sebesar 21,2%. Berdasarkan hasil analisis dengan melihat kecendrungan skor yang diperoleh, pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa termasuk dalam nilai tinggi. Hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat baca berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian, meningkatkan minat baca merupakan sebuah investasi jangka panjang yang dapat memudahkan siswa dalam proses belajar dan dapat menunjang siswa memperoleh prestasi belajar yang lebih baik.

Keywords


minat baca; prestasi belajar; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Fitriana, N. 2012. Hubungan antara Minat Baca dengan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa kelas V SD Se-gugus II Kecamatan Gedongtengen Kota Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta. Hidayat, H., & Aisah, S. (2013). Read interest co-relational with student study performance in IPS subject grade IV (four) in state elementary school 1 Pagerwangi Lembang. International Journal of Technology Enhancements and Emerging Engineering Research, 2(1), 101-114. Mary, L. 2001. 99 Cara Menjadikan Anak Anda Keranjingan Membaca. Bandung: Khaifa. Novita, D. 2007. Pembinaan Minat Baca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Artikel Pustakawan Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru. Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.Universitas PGRI Yogyakarta. Rahim, F. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Afabeta. Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa Wiyono, S. (2012) Psikolog Industri & Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.