Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Oksidasi Reduksi berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA/Ma Kelas X

Ahmad Gilang Indra Salam, Fauziatul Fajaroh, Dermawan Affandy

Abstract


Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan. Redoks termasuk ke dalam pelajaran kimia yang relatif sulit dikuasai oleh siswa. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan memaksimalkan proses pembelajaran antara lain dengan memakai bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik dalam mengkonstruksi konsep. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar reaksi oksidasi reduksi berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas X yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik dalam mengkonstruksi konsep. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahap, yaitu tahap membatasi (to define), tahap merancang (to design), tahap mengembangkan (to develop), dan tahap menyebarluaskan (to disseminate). Namun pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga. Hasil validasi diperoleh persentase rata – rata kelayakan sebesar 83% yang menggambarkan bahan ajar hasil pengembangan sangat layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar baik mandiri ataupun dalam proses belajar mengajar di kelas

Keywords


Bahan Ajar; Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks); Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.