Interactive Demonstration Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Fluida Siswa SMA Kelas XI
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan banyak siswa yang tidak menggunakan konsep fisika yang telah dipelajarinya dalam memecahkan soal konseptual fisika. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep yang telah dimiliki siswa kelas XII pada materi fluida. Setelah dilakukan analisis angket pada 175 siswa, diperoleh hasil bahwa siswa masih ragu-ragu dengan konsep yang dimilikanya. Sebesar 90,3% siswa masih ragu-ragu dengan konsep mengenai hukum Pascal dan sebesar 90,9% siswa masih ragu-ragu dengan konsep Archimedes. Untuk memperkuat penguasaan konsep fisika yang siswa miliki, maka perlu demonstrasi dan eksperimen berdasarkan fakta. Maka pembelajaran interactive demonstration akan menuntun siswa untuk menemukan dan memahami suatu konsep fisika secara mandiri dan bermakna, sehingga mampu membantu siswa untuk menguasai konsep fluida secara tepat.
Keywords
Penguasaan Konsep; Interactive Demonstration; Fluida
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.