Interactive Demonstration Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Fluida Siswa SMA Kelas XI

Wanda Indriana Puspita, Sutopo Sutopo, Lia Yuliati

Abstract


Beberapa penelitian menunjukkan banyak siswa yang tidak menggunakan konsep fisika yang telah dipelajarinya dalam memecahkan soal konseptual fisika. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep yang telah dimiliki siswa kelas XII pada materi fluida. Setelah dilakukan analisis angket pada 175 siswa, diperoleh hasil bahwa siswa masih ragu-ragu dengan konsep yang dimilikanya. Sebesar 90,3% siswa masih ragu-ragu dengan konsep mengenai hukum Pascal dan sebesar 90,9% siswa masih ragu-ragu dengan konsep Archimedes. Untuk memperkuat penguasaan konsep fisika yang siswa miliki, maka perlu demonstrasi dan eksperimen berdasarkan fakta. Maka pembelajaran interactive demonstration akan menuntun siswa untuk menemukan dan memahami suatu konsep fisika secara mandiri dan bermakna, sehingga mampu membantu siswa untuk menguasai konsep fluida secara tepat.

Keywords


Penguasaan Konsep; Interactive Demonstration; Fluida

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.