Penguasaan Konsep dan Literasi Sains Siswa di Kelas X SMAN 11 Jeneponto

Riskawati Riskawati, Lia Yuliati, Eny Latifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor. Penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan indikator materi yakni suhu dan pemuaian, hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya, azas black, perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi sedangkan kemampuan literasi sains diklasifikasikan menjadi 5 kategori, yaitu: SI, NSL, FSL, CSL, MSL. Data diperoleh melalui kuisioner dan observasi dari 30 orang siswa. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diperoleh bahwa peserta didik sebagian besar berada pada kategori NSL dan memiliki penguasaan kosep yang berada pada kategori rendah.

Keywords


Penguasaan Konsep; Kemampuan Literasi Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.