Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD pada Materi Rangka Tubuh

L. Muh. Zulqutbi Azhari, Lia Yuliati, Suharti Suharti

Abstract


Penguasaan konsep hanya mengenai tentang mengingat konsep-konsep yang sudah dipelajari, akan tetapi mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti dan tidak mengubah makna. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa SDN 01 Penanggungan pada materi rangka tubuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Penanggungan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah butir soal tes yang sesuai dengan indikator penguasaan konsep Bloom yang direvisi oleh Anderson dan Krathwol. Data hasil tes penguasaan konsep IPA siswa memperoleh pencapaian rata-rata 48%, dari data tersebut disimpulkan bahwa penguasaan konsep IPA siswa kelas V SDN 01 Penanggungan belum mencapai standar yang telah ditentukan dengan kualifikasi kurangnya kemampuan penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa dan perlu dikembangkan. Oleh karena itu penguasaan siswa, khususnya SDN 01 Penanggungan perlu ditingkatkan dengan pembelajaran inovatif berbasis materi ajar.

Keywords


Penguasaan Konsep; Rangka Tubuh; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 L. Muh. Zulqutbi Azhari, Lia Yuliati, Suharti Suharti



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.