Tesis “The Psychological Approach to Pure by Julianna Baggott and Its Significance for English Language Teaching”.
Rohmah, Alfiyatur. 2014. The Psychological Approach to Pure by Julianna Baggott and Its Significance for English Language Teaching. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Magister, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd., M.Ed., (II) Prof. Dr. Yazid Bashtomi, M.A.
Kata Kunci: Pendekatan Psikologi, Pure, Pengajaran Bahasa Inggris
Pendekatan psikologi telah secara luas digunakan untuk menganalisis karya sastra akan meskipun demikian, jumlah penelitian yang menghubungkan pendekatan ini dengan pengajaran bahasa Inggris di SMA masih terbatas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pure, novel karya Julianna Baggott dengan menggunakan pendekatan psikologi khususnya teori kepribadian dari Allport (Trait) and Bandura (Behavioral/Social Learning). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menemukan kepribadian Partridge sebagai tokoh utama dalam novel; 2) untuk menemukan faktor-faktor rasional yang mempengaruhi kepribadian Partridge sebagai tokoh utama didalam novel; dan 3) untuk mengetahui isu-isu kepribadian Partridge sebagai tokoh utama dalam novel yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan konten analisis dalam mencapai tujuan penelitian. Data penelitian berupa frasa, paragraf, dan dialog dalam novel yang menunjukkan karakter Partridge. Instrumen dalam penelitian ini adalah check list dan notes yang digunakan dalam membantu peneliti untuk melaksanakan semua langkah-langkah dalam mengumpulkan data (membaca, menyeleksi, dan mengidentifikasi) maupun dalam menganalisis data (mengkategorisasikan, mengklasifikasi, menunjukkan, mengurangi, dan menganalisa/menginterpretasikan). Trianggulasi digunakan untuk meningkatkan validitas hasil penilitian karena adanya dua teori kepribadian yang diaplikasikan dalam menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partridge sebagai tokoh utama dalam novel memiliki kepribadian yang matang dan sopan; (2) faktor-faktor rasional yang mempengaruhi Partridge adalah faktor eksternal (lingkungan, keluarga, dan teman) dan faktor internal (pemikiran, ekspektasi, dan kepercayaan); (3) isu-isu kepribadian Partridge yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya di Sekolah Menengah Atas adalah isu-isu tentang kepribadian yang matang dan sopan yang di integrasikan karakter dalam pendidikan yang tidak hanya membangun karakter siswa tetapi juga meningkatkan meningkatkan skill siswa dalam membaca dan menulis.
Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan penelitian ini sebagai referensi dalam menganalisis Pure karya Julianna Baggott dan menggunakan teori kepribadian yang lain dalam pendekatan psikologi untuk menganalisis novel ini sehingga novel ini dapat di cermati dari berbagai sudut. Peneliti juga menyarankan kepada guru-guru bahasa Inggris untuk menggunakan isu-isu kepribadian tentang kepribadian yang matang dan sopan dalam membangun karakter siswa dan skill siswa dalam membaca dan menulis dengan melaksanakan beberapa aktivitas seperti hot-seat, act-out, menulis surat, dan jigsaw.