Tesis “Strategi Visualisasi Pada Pemahaman Membaca Mahasiswa yang Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Tingkatan Pembelajaran Otonom”
Addinna, Ainul. 2016. Strategi Visualisasi Pada Pemahaman Membaca Mahasiswa yang Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Tingkatan Pembelajaran Otonom. Thesis. English Language Teaching, Graduate Program of State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Suharmanto, M.Pd., (II) Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A.
Kata Kunci: Strategi Visualisasi, Field Independent (FI), Field Dependent (FD), Tingkatan Pembelajaran Otonom .
Penelitian ini bertujuan untuk mencari dampak dari strategi visualisasi pada pemahaman membaca dilihat dari gaya kognitif dan tingkatan pembelajaran otonom siswa dan juga interaksi antara strategi membaca, gaya kognitif dan tingkatan pembelajaran otonom. Penelitian ini adalah faktorial dengan test akhir yang menggunakan dua kelompok mahasiswa semester lima jurusan bahasa Inggris Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014. GEFT tes, reading comprehension test, dan autonomy level questionnaire adalah instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. GEFT tes digunakan untuk mengklasifikasi sinswa menjadi field independent dan field dependent, sedangkan autonomy level questionnaire digunakan untuk menentukan tingkatan otonom siswa. Skor dari tes pemahaman membaca didapat dari reading comprehension test dan hasil data tersebut diolah sebagai data awal untuk menguji hipotesa dengan nilai level signifikan .05.
Hasil temuan menunjukkan bahwa level signifikan dari strategi visualisasi dan non visualisasi (konvensional strategi) lebih tinggi dari nilai .05 (Sig .711 > Sig. .05). Ini menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan strategi visualisasi dibandingkan dengan mereka yang diajarkan dengan strategi non visualisasi. Perbedaan antara siswa field independent dan siswa field dependent terhadap pemahaman membaca juga tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan .05 (Sig .411 > Sig. .05).Tidak hanya itu, level signifikan dari tingkatan otonom juga tidak memperlihatkan perbedaan yang signifikan .05 (Sig .412 > Sig. .05). Ini berarti tingkatan otonom siswa tidak mempengaruhi pemahaman membaca mereka. Terakhir, tidak terdapatnya interaksi antara strategi membaca, gaya kognitif dan tingkatan pembelajaran otonom yang dibuktikan secara statistik .05 (Sig .704 > Sig. .05).
Walaupun hasil penelitian menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap perbedaan dan efek dari variabel bebas dan terikat, namun berdasarkan dari kuesioner yang didistribusikan pada grup eksperimental, secara objektif menjelaskan bahwa strategi visualisasi mampu membawa atmosfir yang bagus kedalam kelas. Strategi ini mampu mengurangi rasa bosan siswa selama proses pembelajaran dan juga mampu memotivasi siswa dalam membaca.