Tesis “Relevansi Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia usaha/Industri Dengan yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan”.
Suryanto, Didik. 2013. Relevansi Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia usaha/Industri Dengan yang Dibelajarkan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Waras Kamdi, M.Pd. (II) Drs. Strisno, M.Pd.
Kata Kunci: dunia usaha/industri, soft skill, relevansi
Tuntutan relevansi antara dunia pendidikan dengan dunia kerja dalam arti luas mengisyaratkan perlu dikuasainya sejumlah kompetensi yang dapat didemonstrasikan saat bekerja. Lulusan SMK tidak cukup hanya menguasai hard skill saja, akan tetapi juga harus menguasai soft skill sebagai pendukung hard skill agar lebih mampu bekerja produktif, dan berkualitas. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui relevansi soft skill yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan khususnya di Kabupaten Blitar.
Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pimpinan dunia usaha dan dunia industri serta guru dan siswa SMK yang ada di Kabupaten Blitar. Sedangkan sampel penelitian adalah pimpinan dunia usaha/industri sebanyak 30 orang responden, guru Teknik Mekanik Otomotif sebesar 30 orang responden, dari siswa diambil masing-masing kelas XII program keahlian Teknik Mekanik Otomotif yang ada di kabupaten Blitar yaitu 30 responden dari seluruh SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu: berupa angket atau kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah (1) deskripsi urutan kebutuhan soft skill dunia usaha/industri di Kabupaten Blitar meliputi: (a) kemampuan berkomunikasi; (b) jujur dan memiliki sikap perilaku yang baik; (c) memiliki rasa tanggung jawab; (d) disiplin waktu; dan (e) bekerja secara aman; (2) deskripsi urutan soft skill yang dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan menurut guru dan siswa meliputi: (a) jujur dan memiliki sikap perilaku yang baik dan disiplin waktu; (b) etika dan moral dalam perkataan dan perbuatan; (c) memiliki komitmen yang tinggi dalam menepati janji dan memiliki rasa tanggung jawab; (d) bekerja secara aman; dan (e) kemampuan mengelola informasi; (3) relevansi soft skill yang dibutuhkan dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Blitar menurut guru dan siswa adalah adalah: (a) jujur dan memiliki sikap perilaku yang baik; (b) memiliki rasa tanggung jawab; (c) disiplin waktu; (d) bekerja secara aman; (e) tangguh/gigih dalam bekerja; (f) dapat mengatasi stres; (g) tidak bergantung kepada orang lain dalam bekerja; dan (h) mudah menerima masukan.