Permatasari, Arini. 2015. Reading Anxiety, Self-Efficacy, Reading Strategy Use, and Reading Comprehension of Indonesian EFL College Students. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Moh. Adnan Latief, M.A., Ph.D., (II) Dr. Suharmanto, M.Pd

 

Kata kunci: kecemasan dalam membaca, efikasi diri, penggunaan strategi membaca, pemahaman membaca, mahasiswa Indonesia yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa asing

 

Pemahaman membaca dengan menggunakan bahasa asing memerlukan proses informasi yang kompleks dan pemahaman bahasa atau perilaku komunikasi yang mau menerima yang melibatkan interaksi, pikiran, dan kognisi. Pemahaman membaca juga dipengaruhi oleh kemampuan linguistik, kompetensi kognitif, kompetensi sosiokultural, dan faktor afektif. Faktor afektif merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan membaca, hal itu dikuatkan dengan adanya beberapa hasil penelitian yang mengeksplorasi isu mengenai hubungan antara faktor afektif dan kemampuan membaca. Kecemasan dalam membaca merupakan sebuah prediktor yang sangat kuat bagi performa pembelajar di antara faktor afektif lainnya. Dengan demikian, kecemasan dalam membaca dijadikan sebagai variabel eksogen pada pola yang diusulkan.

Penelitian ini menggunakan desain korelasi untuk menggambarkan hubungan antara kecemasan dalam membaca, efikasi diri, penggunaan strategi membaca, dan kemampuan membaca dari mahasiswa Indonesia yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dengan menguji jalur-jalur pada pola yang diusulkan. 53 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang dilibatkan sebagai partisipan. Mereka merupakan mahasiswa semester 5 yang telah menyelesaikan mata kuliah Reading I sampai IV. Untuk memperoleh data yang diinginkan, tes pemahaman membaca dilakukan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pendistribusian tiga kuesioner yang diadaptasi (Foreign Language Reading Anxiety, General Self-Efficacy Scale, and Survey of Reading Strategies) secara berurutan. Program XLSTAT PLS 2014 digunakan untuk menganalisa data yang dikumpulkan agar dapat menemukan hubungan antara kecemasan dalam membaca, efikasi diri, penggunaan strategi membaca, dan pemahaman membaca dan kontribusi mereka terhadap pemahaman membaca.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan dalam membaca dan efikasi diri berkontribusi terhadap penggunaan strategi membaca dan pemahaman membaca. Tetapi, kecemasan dalam membaca berkontribusi secara tidak langsung terhadap penggunaan strategi membaca dan pemahaman membaca melalui mediasi efikasi diri. Penelitian ini juga menghasilkan informasi bahwa mahasiswa dengan tingkat kecemasan dalam membaca yang rendah dan menengah menggunakan ketiga strategi membaca (global strategy, problem solving strategy, dan supportive strategy) dan problem solving strategy merupakan strategi membaca yang paling sering digunakan oleh mahasiswa.

× How can I help you?