Prihartini, Endang, Suhartatik. 2015. Problem Based Learning Berbantuan Link Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Program Linear di Kelas XI Farmasi SMK BIM Jombang. Tesis, Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nengah Parta, M. Si, (II) Dr. Hery Susanto, M.Si

Kata kunci: Problem Based Learning Berbantuan Link Map, teori beban kognitif, hasil belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problem Based Learning berbantuan Link Map pada materi program linear yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas XI Farmasi SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data utama berupa data tentang tindakan guru. Penelitian ini terdiri dari lima langkah, yaitu: a). observasi, b). perencanaan, c). tindakan, d). refleksi dan e). revisi. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning berbantuan Link Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Farmasi SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Problem Based Learning berbantuan Link Map memiliki langkah sebagai berikut: (1) Mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisa dan mengevaluasi hasil belajar. Pada tahap membimbing penyelidikan individu dan kelompok, guru meminta siswa untuk menyusun Link Map tentang materi pembelajaran.

Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini, antara lain: (1) Bagi para guru, apabila menggunakan Problem Based Learning berbantuan Link Map hendaknya menguasai betul sintaksnya, (2) Sebaiknya guru lebih memperhatikan alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran. Terutama pada tahap membimbing penyelidikan individu dan kelompok serta pada tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (3) Bagi peneliti selanjutnya, apabila melakukan penelitian dengan menggunakan Problem Based Learning berbantuan Link Map dalam pembelajaran matematika hendaknya lebih memperhatikan materi, kompetensi yang harus dicapai, karakter, dan kemampuan siswa. Karena Problem Based Learning berbantuan Link Map membutuhkan peran aktif siswa dalam pembelajaran.

× How can I help you?