Tesis “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembagian Pecahan Bagi Siswa Kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang”.
Tyas, Dewi Kristika F. N. 2012. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembagian Pecahan Bagi Siswa Kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Cholis Sa’dijah, M. Pd, M. A., (II) Drs.Tjang Daniel Chandra, M. Si, Ph.D.
Kata Kunci: TGT, minat, hasil belajar.
Berdasarkan studi pendahuluan di kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang, diperoleh informasi kurangnya minat siswa belajar matematika yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang baik. Selain itu, pembelajaran yang digunakan guru selama ini kurang menarik minat siswa belajar matematika. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT). Alasannya karena terdapat permainan, dimana di dalamnya terdapat dimensi kegembiraan, dengan latar belakang bahwa siswa SD yang masih suka bermain, sehingga dapat memacu minat siswa, kemampuan siswa dalam berfikir dan bekerja sama antar siswa dalam suasana yang menyenangkan dan menantang. Selain itu, dalam TGT terdapat penghargaan. Melalui pemberian penghargaan dapat memotivasi siswa agar lebih giat belajar. Dalam TGT terdapat 5 tahapan yaitu penyajian kelas (class presentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan penghargaan kelompok (team recognition).
Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka desain penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data penelitian dilaksanakan bulan Maret-April 2012 dengan subjek siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Data minat siswa belajar matematika diperoleh melalui angket yang diberikan sebelum dan sesudah tindakan. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan tindakan banyaknya siswa yang minimal berada pada kategori berminat belajar matematika sebesar 42,86% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 89,29%. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar dalam pokok bahasan pembagian pecahan adalah 67,9%, sedangkan pada siklus II adalah 92,86%. Sehingga, dalam hal ini dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang.