Dewanti, Anna. 2012. Pengembangan Rubrik Mata Kuliah Public Speaking dan Academic Presentations untuk Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris , Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga.. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd, (2) Dr. Suharmanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: Berbicara, rubrik                                        

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik kemampuan berbicara untuk Matakuliah Public Speaking and Academic Presentations bagi mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga. Prosedur penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan, pengembangan rubrik, validasi oleh pakar, uji coba rubrik, dan produk akhir.

Instrumen yang digunakan dalam analisis kebutuhan berupa pedoman wawancara dan validasi rubrik. Data yang diperoleh dari wawancara dengan para dosen pengampu Matakuliah Speaking digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan rubrik, sedangkan lembar validasi digunakan untuk mengumpulkan masukan dari pakar mengenai rubrik yang dikembangkan. Pakar tersebut memvalidasi unsur-unsur yang ada di dalam kemampuan berbicara beserta kriteria penilaian dari Public Speaking and Academic Presentations yang mencakup empat macam kegiatan: (1) debat; (2) pidato informal; (3) pidato formal; dan (4) presentasi akademis.

Hasil validasi dari pakar tersebut berupa rubrik Public Speaking dan Academic Presentations yang telah dikembangkan. Rubrik debat terdiri dari unsur-unsur organisasi, isi, pelafalan, presentasi dan keterampilan berbicara yang mencakup gramatika dan kosa kata, aspek afektif dan manajemen waktu. Kemudian rubrik pidato informal terdiri dari unsur-unsur organisasi, kemampuan berbicara secara komunikatif, pelafalan, gramatika dan kosa kata, serta manajemen waktu, sedangkan unsur-unsur berbicara untuk pidato formal terdiri dari pernyataan tujuan, organisasi, kemampuan berbicara secara komunikatif, pelafalan, gramatika dan kosa kata, dan manajemen waktu. Rubrik presentasi akademik terdiri dari unsur-unsur tesis, organisasi, isi, kemampuan berbicara secara komunikatif, pelafalan, presentasi dan kemampuan berbahasa yang mencakup gramatika dan kosakata, penggunaan audio visual, serta manajemen waktu.

Uji coba rubrik ini diperuntukkan mahasiswa semester empat yang mengambil Matakuliah Public Speaking and Academic Presentations. Matakuliah tersebut meliputi empat macam kegiatan: (1) debat; (2) pidato informal; (3) pidato formal; dan (4) presentasi akademis. Jumlah peserta uji coba ada 44 orang. Data dari uji coba rubrik tersebut berupa nilai-nilai mahasiswa yang diperoleh setelah mereka melaksanakan empat macam kegiatan berbicara. Nilai-nilai itu dikumpulkan, dihitung, dan dikorelasikan untuk mencari dan mengetahui koefisien reliabilitas dari dua penilai.

Pertama, hasil dari koefisien reliabilitas untuk aktivitas debat 0,552. Jika koefisien rentangannya antara 0,40-0,60, ini berarti bahwa korelasinya cukup tinggi. Jadi, korelasi nilai-nilai yang diperoleh dari kedua penilai tidak menunjukkan perbedaan yang jauh. Dengan kata lain, kedua penilai itu dapat memahami rubrik debat dengan cukup jelas. Kedua, hasil dari koefisien reliabilitas untuk aktivitas pidato informal 0,667. Karena koefisien ini rentangannya antara 0,60-0,80, maka korelasinya tinggi. Jadi kedua penilai telah mencapai keputusan yang hampir sama. Ini juga berarti bahwa, kedua penilai itu dapat memahami rubrik pidato informal dengan jelas. Ketiga, hasil dari koefisien reliabilitas untuk pidato formal 0,762. Karena koefisien ini rentangannya antara 0,60-0,80, maka korelasinya tinggi. Dengan kata lain, kedua penilai mencapai suatu keputusan yang hampir sama. Disamping itu, kedua penilai dapat memahami rubrik pidato formal dengan jelas. Keempat, hasil dari koefisien reliabilitas untuk aktivitas presentasi akademis 0,723. Angka ini juga terletak antara 0,60-0,80, jadi korelasinya tinggi. Secara ringkas, nilai-nilai yang diperoleh dari kedua penilai itu memiliki korelasi yang tinggi. Ini berarti bahwa kedua penilai itu telah mencapai suatu keputusan yang hampir sama dan mereka dapat memahami rubrik presentasi akademis dengan jelas.

Dengan demikian disimpulkan bahwa pertama, produk akhir dari penelitian ini adalah rubrik kemampuan berbicara untuk Matakuliah Public Speaking and Academic Presentations. Rubrik tersebut meliputi empat macam kegiatan: (1) debat; (2) pidato informal; (3) pidato formal; dan (4) presentasi akademis. Kedua, produk ini dapat diterapkan oleh para dosen yang mengampu Public Speaking and Academic Presentations di jurusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga. Koefisien reliabilitas untuk empat macam kegiatan dalam berbicara tersebut menunjukkan bahwa kedua penilai mencapai suatu keputusan yang hampir sama dan kedua penilai dapat memahami rubrik tersebut dengan jelas. Dengan kata lain, rubrik Speaking Assessment tersebut menunjukkan reliabilitas yang tinggi.

Para dosen yang mengampu Public Speaking and Academic Presentations disarankan agar menggunakan rubrik itu karena rubrik tersebut dapat dipahami dengan mudah pada saat mereka menilai kemampuan berbicara mahasiswanya. Disamping itu, rubrik tersebut juga dapat menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara secara lebih nyata dan dapat mengurangi subyektifitas para dosen pada saat mereka menilai mahasiswa yang sedang melaksanakan aktivitas debat, pidato informal, pidato formal, dan presentasi akademis.

 

× How can I help you?