Zulkifli. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik

 

Amanat Kurikulum 2013 pembelajaran di SD dilaksanakan secara tematik dan terpadu dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri Oro-oro Dowo, ditemukan fakta bahwa di SDN Oro-oro Dowo Malang perangkat pembelajaran yang digunakan masih kurang sesuai dengan amanat Kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah RPP, LKS, dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran tematik, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dalam mencapai indikator yang hendak dicapai.

Pengembangan perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik ini mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) jadi 3D (Define, Design, dan Develop) karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Tahap define dilakukan untuk menganalisis awal-akhir, analisis kebutuhan, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi indikator pembelajaran. Tahap design dilakukan untuk penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan draf perangkat pembelajaran yang layak dan efektif. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan produk adalah lembar angket validasi yang diberikan kepada validator ahli materi/isi, ahli desain, dan praktisi, sedangkan keefektifan produk diperoleh dari tes hasil belajar siswa.

Data kevalidan produk diperoleh dari uji validasi ahli materi dan ahli desain, sedangkan data keterlaksanaan produk diperoleh dari uji coba terbatas. Hasil analisis data validasi ahli terhadap produk mencapai kategori layak dengan persentase 77,21%, sedangkan analisi data hasil uji coba terbatas berupa data keterlaksanaan mencapai kategori sangat tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 80,71%. Data keefektifan produk dilihat dari hasil penelitian dengan kuasi eskperimen yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen, hasil analisis data penelitian dengan menggunakan Uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik dapat dikatakan layak, mempunyai tingkat keterlaksanaan yang sangat tinggi, di samping itu perangkat pembelajaran tematik juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan kelas 5 SDN Oro-oro Kota Malang.

× How can I help you?