Tesis “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi pada Materi Hidrosfer kelas X SMA. “.
Suhaimi, Aliev. 2015 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi pada Materi Hidrosfer kelas X SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd., (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U
Kata Kunci: geografi, pengembangan, multimedia, hidrosfer
Hidrosfer merupakan salah satu materi geografi untuk siswa kelas X IIS SMA. Topik yang diajarkan banyak mengandung konsep kongkrit dan disajikan tanpa bantuan media yang representatif. Siswa mengalami kesulitan memahami materi. Seharusnya, materi tersebut disajikan dalam bentuk multimedia yang dapat mengintegrasikan teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia dapat mempermudah siswa memahami materi hidrosfer.
Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan produk yang berupa CD (Compact Disc) pembelajaran geografi. Konten berisi materi hidrosfer kelas X IIS SMA. Materi terdiri dari tiga topik, yaitu: (1) Siklus air, (2) Perairan darat, dan (3) Daerah Aliran Sungai. Ketiga topik tersebut disajikan dalam bentuk animasi, gambar, video, teks, dan suara yang terintegrasi sehingga dapat penunjang penjelasan materi secara relevan
Pengembangan multimedia dirancang dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dimodifikasi dari lima tahap menjadi tujuh tahap yaitu ditambahkan tahap validasi ahli dan revisi produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan software Adobe Flash CS3 untuk desain multimedia. Produk akhir pengembangan yang dihasilkan berupa CD multimedia pembelajaran materi hidrosfer untuk SMA.
Tahap validasi dilakukan untuk mengkaji kelemahan-kelemahan produk sebelum diujicobakan di lapangan. Validasi Ujicoba lapangan dilakukan pada siswa kelas X IIS SMAN 1 Bluto . Hasil uji coba lapangan dengan 5 indikator menunjukan hasil persentase kelayakan produk sebesar 87,4% dan rata-rata nilai 90 dalam uji pemahaman materi. Hasil tersebut menunjukkan hasil pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Multimedia ini mempunyai kelemahan pada komponen materi berupa topik: siklus air memiliki kelemahan pada penyajian materi yang belum detail, belum disajikan komposisi perairan di permukaan bumi. Di sisi lain, kekurangan juga terdapat pada komponen media berupa elemen: suara narator kurang jelas, video yang beresolusi rendah. Pengoperasian multimedia dapat menggunakan LCD Proyektor dan pengeras suara. Disarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan memperbaiki kekurangan yang terdapat pada komponen materi dan media. Diseminasi produk melalui MGMP guru geografi kabupaten Sumenep, dan laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang.