Dalu, Zaudah Cyly Arrum. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Web Platform Opensource pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI Jurusan Peternakan SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Ed., (2) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran online

   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web untuk siswa SMK khususnya yang sedang melaksanakan kegiatan praktik kerja industri pada mata pelajaran bahasa Inggris. Pengembangan media pembelajaran berbasis web ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pembelajaran di saat pebelajar sedang berada di tempat praktik kerja industri. Permasalahan belajar tersebut diantaranya: (1) aktivitas pebelajar dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang, kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru yaitu dalam hal penyampaian materi-materi ajar yang sudah ditargetkan terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan sehingga kurang diperhatikannya keterampilan-keterampilan berbahasa yang semestinya harus dikuasai oleh pebelajar, (2) pembelajaran yang terjadi selama ini terbatas pada waktu dan ruang/jarak, sedangkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa semestinya membutuhkan banyak latihan (drill) dan tidak ada lagi permasalahan terkait jarak, (3) kecepatan belajar di antara pebelajar berbeda-beda, untuk itu dibutuhkan penggunaan media yang tepat dan menarik agar hasil belajar tercapai sesuai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan, (4) strategi penyampaian yang selama ini digunakan dirasa pebelajar sangat membosankan dan menyulitkan dalam pencapaian kompetensi-kompetensi yang diharapkan, (5) pebelajar sebagai generasi digital yang cenderung lebih tertarik mencari informasi melalui layanan internet sehingga dirasa perlu menyediakan media yang sesuai dengan karakteristik tersebut.

Prosedur pengembangan produk telah melalui beberapa tahapan diantaranya: Penilaian kebutuhan, Front-End Analysis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis web menghasilkan produk yang memiliki spesifikasi model web pembelajaran, isi pembelajaran (actual content) aktivitas (activity), penilaian (assessment), panduan admin, guru dan siswa, strategi pembelajaran, penugasan, hardware Penunjang.

            Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan dari angket, diperoleh presentasai hasil uji coba ahli materi sebesar 87,50, ahli desain pembelajaran sebesar 94,35%, ahli media pembelajaran sebesar 90,51% dan uji coba menyeluruh terhadap siswa sebesar 79,73%, sedangkan untuk hasil belajar rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 79,03%. Rata-rata persentase uji coba adalah 86,28%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang telah dikembangkan memiliki kelayakan atau kevalidan untuk diterapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran online.

 

 

× How can I help you?