Arifin. 2014. Pengembangan Buku Siswa “Aljabar Awal” yang Valid, Praktis dan Efektif Bercirikan Penemuan Terbimbing. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja, M.Ed, Ph.D., (II) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, M.A.

 

Kata Kunci:   Pengembangan, buku siswa, aljabar awal, penemuan terbimbing, valid, praktis, efektif.

 

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar matematika kelas VII SMP berupa buku siswa materi aljabar awal pada kompetensi dasar menentukan variabel pada persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel, buku siswa yang dihasilkan bercirikan penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Ciri buku siswa yang dihasilkan memuat langkah-langkah penemuan terbimbing yaitu (1) membaca, memahami masalah, (2) menyusun/memproses/ mengorganisir data, (3) membuat dugaan, (4) menyampaikan/menuliskan dugaan dan, (5) latihan soal untuk menguji kebenaran pemahaman dugaan. Melalui buku siswa bercirikan penemuan terbimbing diharapkan dapat memaksimalkan keterlibatan siswa dalam mengonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi yang sedang dipelajari.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadopsi model 4D (four D model) yaitu define, design, develop dan disseminate. Uji produk dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gondanglegi kelas tujuh tahun pelajaran 2013/2014. Tahap disseminate tidak dilakukan dengan alasan waktu dan biaya penelitian.

Hasil validasi ahli dan praktisi menunjukkan buku siswa yang telah dikembangkan valid dengan skor rata-rata aspek isi 2,52. Instrumen yang dikembangkan untuk menguji kepraktisan dan kefektifan buku siswa terdiri dari RPP, lembar observasi keterlaksanaan buku siswa, angket respon siswa dan tes penguasaan materi. Hasil validasi ahli dan praktisi terhadap instrumen diperoleh skor rata-rata seluruh aspek berturut-turut RPP [2,48], lembar observasi [2,67], angket respon siswa [2,58] dan tes penguasaan materi [2,66], berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan disimpulkan semua instrumen valid. Hasil uji coba buku siswa dalam pembelajaran siswa kelas 7C dan 7A yang diamati oleh 2 orang observer pada keterlaksaan buku siswa diperoleh skor rata-rata berturut-turut 2,34 dan 2,6 disimpulkan buku siswa memenuhi kriteria praktis. Hasil analisis angket respon siswa dan tes penguasaan materi diperoleh kesimpulan buku siswa efektif.

Berdasarkan hasil tersebut disarankan (1) buku siswa dapat digunakan pada pembelajaran di SMP Negeri 2 Gondanglegi; (2) memperbaiki kekurangan pada buku siswa ini diantaranya tidak ada kunci jawaban dari setiap latihan, terlalu banyak kata-kata membuat siswa jenuh, dan belum ada buku guru; (3) melakukan penelitian lanjutan uji coba buku siswa ini pada sekolah lain di Kabupaten Malang atau tempat lain.

× How can I help you?