Tesis “Pengembangan Buku Panduan Memahami Teori Multiple Intelligences dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi SMA untuk Mahasiswa pada Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang”.
Rachmawati, Diah Ayu. 2015. Pengembangan Buku Panduan Memahami Teori Multiple Intelligences dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi SMA untuk Mahasiswa pada Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Thesis, Prodi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M. Sc, Ph. D, (II) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, M.S
Kata kunci: pengembangan, buku Panduan mengajar, teori multiple intelligences
Setiap anak adalah unik, masing-masing anak memiliki karakter yang berbeda-beda, begitu pula dalam kecerdasan. Ada 8 jenis kecerdasan, dan setiap individu memiliki jenis kecerdasan yang berbeda satu sama lain. Delapan jenis kecerdasan itu adalah kecerdasan visual spasial, kecerdasan linguistik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan naturalis, kecerdasan fisik kinestetik, kecerdasan interpersonal, dan logika matematika. Keseluruhan bahasan mengenai jenis kecerdasan ini tercakup dalam Teori Multiple Intelligence. Teori Multiple Intelligences dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna, dimana siswa tidak hanya belajar materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga sekaligus mengembangkan bakat dan kemampuan alami siswa. Teori Multiple Intelligences akan sangat berguna dan lebih mengena jika diajarkan sejak dini kepada calon-calon guru yang masih duduk di bangku perkuliahan.
Pada pelaksanaan PPL 2014 yang dilaksanakan peneliti di Offering A semester 5 Pendidikan Biologi, matakuliah Belajar dan Pembelajaran, diketahui bahwa Teori Kecerdasan dalam Pembelajaran menjadi salah satu materi yang diajarkan. Berdasarkan pelaksanaan PTK berbasis Lesson Study yang dilaksanakan peneliti bersama tim, memperlihatkan bahwa hampir seluruh mahasiswa offering A belum pernah mendengar informasi mengenai Teori Multiple Intelligences, sehingga mereka juga belum mengetahui pentingnya mengimplementasi teori ini dalam pembelajaran di sekolah. Permasalahan lain yang muncul adalah, selama pelaksanaan PPL juga terlihat bahwa mahasiswa masih belum dapat memilah-milah literatur yang valid dan benar. Mereka lebih sering mencari artikel-artikel di blog-blog umum yang kurang valid untuk penyusunan makalah dan tugas. Pada awal kegiatan PPL, kegiatan mereka di kelas didominasi dengan presentasi power point dan diskusi yang kurang bisa menarik minat mahasiswa untuk belajar dan mencari tahu lebih lanjut berbagai informasi mengenai materi. Mereka menerima begitu saja apa yang dipresentasikan oleh teman-teman mereka tanpa meneliti apakah informasi sudah benar dan valid. Solusi yang dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan suatu bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa memahami Teori Multiple Intelligences dan bagaimana implementasi teori tersebut di sekolah. Bahan ajar tersebut adalah buku panduan mengajar Biologi SMA berbasis Teori Multiple Intelligences
Buku panduan mengajar Biologi SMA berbasis Teori Multiple Intelligences ini dikembangkan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan, yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Berdasarkan analisis data terhadap angket validasi buku panduan mengajar Biologi SMA berbasis Teori Multiple Intelligences oleh ahli media dan bahan ajar, serta ahli pendidikan dan pembelajaran didapatkan skor rata-rata 88.45 dan 83.6 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil pelaksanaan uji coba produk atau initial testing pada ulangan ke 4 menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sudah cukup baik dari segi kualitas isi, kemudahan untuk dipahami dan diimplementasikan, tampilan produk, dan juga penyajian materi. Produk akhir berupa buku panduan mengajar Biologi SMA berbasis Teori Multiple Intelligences yang dihasilkan setelah melalui beberapa revisi. buku panduan mengajar Biologi SMA berbasis Teori Multiple Intelligences ini diharapkan dapat menjadi alternatif pemecahan masalah yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada Teori Multiple Intelligences dan implementasinya pada pembelajaran Biologi.
1 Komentar
Terima kasih atas artikelnYa, saya bisa minta tesisnya untuk dijadikan rujukan dalam penulisan tesis saya