Tesis “Pengembangan Bahan Ajar Kelas IV SD Tema “Selalu Berhemat Energi” Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM)”.
Kusumaningtyas, Dian Ika. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Kelas IV SD Tema “Selalu Berhemat Energi” Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM). Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (2) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H.
Kata Kunci: bahan ajar, Sains Teknologi Masyarakat.
Pendidikan dasar merupakan langkah awal dalam membelajarkan siswa menjadi generasi yang tidak hanya pandai tetapi juga tanggap terhadap kondisi di lingkungan sekitarnya. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang berisi berbagai kegiatan yang mengarahkan pada penanaman sikap. Pengembangan bahan ajar dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan sikap kritis terhadap permasalahan yang muncul. Bahan ajar dikembangkan dengan meng-gunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Pendekatan ini dipilih karena pembelajaran diharapkan tidak hanya mempelajari konsep akan tetapi juga peranan sains, penggunaan teknologi dalam bermasyarakat serta tanggap dan kritis terhadap berbagai dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar kelas IV SD Tema “Selalu Berhemat Energi” berbasis STM yang memberikan berbagai kegiatan dan pengalaman belajar yang menarik, praktis, valid, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Peneliti mengem-bangkan bahan ajar berupa buku teks tematik berbasis STM. Pada penelitian ini terdapat data kuantitatif yang berasal dari hasil penghitungan skor angket validasi ahli, skor angket respon guru dan siswa, skor penilaian aktivitas dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari masukan dan saran yang diberikan oleh validator, respon siswa, dan juga guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, lembar penilaian, dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh data analisis kevalidan sebesar 86,5%, analisis kemenarikan sebesar 84%, analisis kepraktisan sebesar 85%, dan analisis keefektifan sebesar 92,25%. Sedangkan persentase total yang diperoleh sebesar 87%. Hal ini menunjukkan bahwa produk buku teks tematik yang dikembangkan sangat valid, namun berdasarkan saran dan masukan pada saat uji coba ada beberapa bagian produk yang perlu direvisi.
Saran bagi pemanfaatan produk ini yaitu buku teks tematik ini dapat digunakan sebagai buku penunjang untuk guru maupun siswa sebagai sarana mengembangkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan bahan rujukan untuk penelitian dengan tema berbeda. Peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran melalui buku teks tematik berbasis STM dengan materi yang merujuk kearifan lokal daerah setempat agar siswa dapat lebih mengenal potensi daerah sekitarnya.