Utomo, Dedi S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada materi Litosfer Kelas X Sekolah Menengah Atas. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Singgih Susilo, MS.

 

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, e-learning, edmodo, litosfer

 

Pengembangan bahan ajar e-learning materi litosfer dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan sumber belajar yang berkualitas. Hasil analisis materi menunjukkan bahwa dalam mempelajari litosfer membutuhkan media agar fenomena geosfer dapat dibawa ke dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan di dalam materi litosfer banyak terdapat konsep konkret yang membutuhkan media seperti gambar, animasi, dan video untuk menjelaskan agar tidak terjadi kesalahan arti. Atas dasar tersebut, diperlukan bahan ajar yang mampu memuat secara terintegrasi antara teks, gambar, animasi, dan video, yaitu bahan ajar e-learning

E-learning termasuk inovasi penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-learning pada materi litosfer kelas X SMA. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai suplemen dan alat bantu pembelajaran untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) Edmodo untuk mendesain dan mengatur tata laksana penyelenggaraan pembelajaran.

Prosedur pengembangan bahan ajar e-learning menggunakan model pengembangan bahan ajar berbasis web SEAMOLEC. Adapun langkah-langkah penelitiannya mengadaptasi dari siklus pengembangan Borg dan Gall. Prosedur pengembangannya melalui 6 tahap yang dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan, dan ujicoba. Tahap penduhuluan berisi tentang analisis materi, tahap pengembangan berisi tentang penyusunan produk dan validasi, dan tahap uji coba berisi tentang uji coba produk.

Produk pengembangan yang dihasilkan berbentuk (1) model kelas virtual Edmodo mata pelajaran litosfer, (2) bahan ajar dan evaluasinya, dan (3) panduan penggunaan untuk siswa dan guru. Pengembangan bahan ajar e-learning ini telah diujicoba pada kegiatan pembelajaran materi litosfer siswa kelas X A MAN 1 Kota Mojokerto. Pada tahap uji coba kelompok kecil dilakukan pada 10 siswa dan 34 siswa dalam uji coba kelompok besar. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dengan 7 indikator menunjukan hasil sebagai berikut: (1) hasil uji coba kelompok kecil berdasarkan rating scale mendapatkan persentase 78,04% dan (2) hasil uji coba kelompok besar berdasarkan rating scale mendapatkan prosentase 73,3%. Terjadinya penurunan pada persentase perolehan disebabkan karena: (1) kemampuan subjek uji coba dalam bidang TIK tidak sama, perbedaan perangkat yang digunakan, dan (3) kualitas jaringan internet yang berbeda. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji coba dan masukan dari validator.

 

× How can I help you?