Etikasari, Dian. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terpadu Kelas IV dengan Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup.Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar bahasa Indonesia terpadu

 

Secara umum tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia terpadu kelas IV dengan tema peduli terhadap makhluk hidup. Tujuan umum tersebut dijabarkan menjadi tujuan khusus, yaitu (1) menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia terpadu kelas IV yang meliputi isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan bahan ajar dan (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar bahasa Indonesia terpadu kelas IV dalam pembelajaran.

Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Secara umum model pengembangan tersebut terdiri dari (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan produk yang dikembangkan, (3) mengembangkan draf awal produk, (4) uji coba produk kepada tim ahli, (5) revisi produk berdasarkan penilaian dari tim ahli, (6) melakukan uji coba lapangan, dan (7) revisi berdasarkan uji coba lapangan.

Bahan ajar yang dihasilkan berupa buku teks berjudul Menggali Informasi di Sekitar Kita dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika dengan tema peduli terhadap makhluk hidup. Pada bahan ajar yang dikembangankan dilengkapi kolom khusus yaitu (1) Apa yang Kamu Pikirkan, (2) Mari Membaca, (3) Asah Ingatan, (4) Mari Mengamati, (5) Ayo Mencoba, (6) Ayo Berhitung, (7) Berbagi Cerita, (8) Mari Bertualang dan (9) Menilai Diri Sendiri.

Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar, peneliti melaksanakan prates dan pascates terhadap peserta didik kelas IV SDN Blimbing 3. Dari pelaksanaan prates dan pascates diperoleh skor-skor dari hasil belajar peserta didik. Peneliti membandingkan skor prates dan pascates melalui uji-t. Berdasarkan hasil uji-t prates dan pascates kelas uji coba diperoleh t hitung 11,112 dengan P= 0,00 sehingga (P < 0,01). Berdasarkan data tersebut peserta didik yang mendapat skor prates rendah mendapatkan skor pascates tinggi. Jadi (P < 0,01) sehingga produk ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Peneliti berharap bahan ajar yang dikembangkan memberikan kontribusi kepada peserta didik dan guru. Bagi peserta didik diharapkan bahan ajar yang dikembangkan dimanfaatkan untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui sajian materi. Diharapkan bagi guru bahan ajar yang dikembangkan ini bisa dijadikan tambahan dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik di samping bahan ajar yang disediakan oleh pemerintah.