Suharwati, Sri Ira. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis, Jurusan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:                (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd., (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U

Kata kunci: Resource Based Learning (RBL), Minat, Hasil Belajar Geografi

            Resource Based Learning merupakan bagian dari model pembelajaran konstruktikvistik yang membebaskan siswa menyusun dan menemukan sendiri sumber belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Pembelajaran ini juga mengajak siswa untuk belajar berdasarkan pada pengalaman nyata (Contextual Learning) yang dapat diterapkan secara bersama-sama dengan siswa baik di luar maupun di dalam kelas. Penerapan model Resource Based Learning mendorong terciptanya pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan fleksibel sehingga dapat membangkitkan keaktifan, kreatifitas, dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap minat belajar, (2) pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi-eksperiment) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI- IPS 1 sebagai kelas kontrol. Penentuan subjek penelitian tersebut diambil berdasarkan atas nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran geografi yang hampir sama. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari soal Pretest dan Posttest dan lembar angket minat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan angket,. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan model Resources Based Learning terhadap minat belajar siswa dengan nilai sig 0,007< 0,05. Rata-rata minat kelas eksperimen adalah 16 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 10, (2) ada pengaruh yang signifikan model Resources Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig hasil uji t adalah 0,032<0,05. Rata-rata gain score kelas eksperimen (30) lebih tinggi dari kelas kontrol (25). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Resource Based Learning berpengaruh signifikan terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa SMA, dan terdapat pengaruh signifikan minat terhadap hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran yaitu:

(1) bagi guru agar dapat menerapakan dan mengembangkan model resource based learning dengan cara mengkombinasikan dengan model lain yang sesuai seperti problem based learning. Guru juga disarankan agar memperhatikan alokasi waktu saat pembelajaran diluar kelas agar dapat terlaksana secara lebih maksimal, (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjut pada materi lain seperti lingkungan hidup,fenomena hidrosfer dengan subjek dan variabel berbeda.