Wirawati, Bekti. 2014. Pengajaran Membaca Pemahaman melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Suharmanto, M.Pd., (II) Dr. Arwijati Wahjudi Murbibjono, Dip.TESL,M.Pd..

Kata kunci: pengajaran membaca pemahaman, stategi pembelajaran reciprocal,  mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris

 

Membaca pemahaman (reading) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Sebagai suatu ketrampilan dalam mempelajari Bahasa Inggris, untuk membuat siswa mampu mendapatkan segala informasi yang diperlukan, membaca pemahaman (reading) seharusnya diajarkan dengan baik. Faktanya pada jurusan pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, tidak ada strategi khusus dalam mengajarkan membaca pemahaman (reading). Artinya pengajar satu dengan yang lainnya menggunakan strategi yang berbeda. Salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai alternative dalam pengajaran membaca pemahaman (reading) adalah melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal. Strategi Pembelajaran Reciprocal adalah strategi pengajaran yang dapat membuat siswa terlibat dalam proses pembelajaran sehingga mereka mampu memahami bacaan dengan mudah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi membaca pemahaman (reading) mahasiswa yang diajar melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal lebih baik dari pada prestasi mereka yang diajar membaca pemahaman (reading) melalui strategi lain (dalam penelitian ini adalah DRA). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental, non-randomized control group, pretes-postes karena penelitian ini dilakukan dalam seting kelas yang subyek penelitiannya sudah dikelompokkan dalam kelas-kelas. Instrumen penelitannya adalah tes, pre-tes dan pos-tes dalam bentuk pertanyaan pemahaman bacaan. Hasil dari pre-tes digunakan untuk mengetahui prestasi siswa dalam membaca pemahaman (reading) sebelum experimen, sedangkan hasil pos-tes digunakan untuk mengetahui prestasi siswa dalam membaca pemahaman (reading) setelah diberikan experimen. Hasil pos-tes juga digunakan untuk menguji hipotesis nol apakah diterima atau ditolak.

Sebelum menguji hipotesis nol, hasil dari pre-tes maupun pos-tes dianalisis untuk mengetahui apakah berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari pre-tes dan pos-tes dari kedua kelompok experimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Kemudian hasil ini digunakan untuk menguji hipotesis nol dengan menggunakan tes-t. Hasil dari temuan menunjukkan bahwa analisis tes-t pada prestasi siswa dalam membaca pemahaman (reading) (9.95) lebih besar dari pada nilai pada tabel t (1.671) dengan derajat kebebasan 55(df55) pada signifikansi level 0.05 (one-tailed). Ini berarti bahwa hipotesis nol yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi membaca pemahaman (reading) mahasiswa yang diajar melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal dengan mereka yang diajar membaca pemahaman (reading) melalui strategi lain (DRA) ditolak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Reciprocal dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dalam membaca pemahaman (reading). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa prestasi siswa yang diajar membaca pemahaman (reading) melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal lebih baik dari pada prestasi mereka yang diajar melalui strategi lain tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Reciprocal dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengajarkan membaca pemahaman (reading) sehingga mahasiswa lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat memahami bacaan dengan lebih mudah.

 

× How can I help you?