Tesis “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Modifikasi Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang
Adiputra, Chandra. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Modifikasi Model Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, modifikasi model Jigsaw, hasil belajar siswa.
Berdasarkan data yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Geografi di SMA Kristen Petra Malang, diperoleh rata-rata Ujian Tengah Semester (UTS) siswa kelas X-IPS hanya 53,37 pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap. Data yang kedua hanya 21,05% dari 19 siswa yang tuntas UTS dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Tidak ada satupun siswa laki-laki yang tuntas UTS dari KKM.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang pada tahun pelajaran 2014/2015 semester genap, melalui penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw dengan tiga siklus. Peningkatan pertama ketuntasan hasil belajar siswa ditargetkan minimal 50% setelah siklus pertama. Peningkatan berikutnya ketuntasan hasil belajar siswa ditargetkan minimal 85% setelah siklus kedua dan ketiga.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang sangat menekankan pada proses pembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini ialah seluruh siswa kelas XI-IPS. Jumlah siswanya, yakni 20 siswa dari yang sebelumnya berjumlah 19 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 60% setelah siklus pertama. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75% setelah siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90% setelah siklus ketiga. Artinya, telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPS setelah pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw diterapkan dalam tiga siklus.
Pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan saran: 1) siswa harus senantiasa dimotivasi untuk aktif pada saat pembelajaran berlangsung di kelas dengan cara semua siswa pada setiap kelompok, senantiasa diperhatikan dan disuruh untuk mengerjakan tugas kelompok ketika pembelajaran berlangsung di kelas; 2) siswa harus senantiasa dimotivasi untuk rajin masuk sekolah dengan cara semua siswa diberi tahu bahwa masuk sekolah itu sangat penting, supaya siswa memperoleh nilai bila ada penilaian yang dilakukan oleh guru serta siswa tidak ketinggalan materi pembelajaran; 3) siswa harus diwajibkan untuk mencatat materi pembelajaran yang sedang dipresentasikan oleh siswa lain, saat presentasi kelompok; 4) khusus untuk materi pembelajaran yang sangat terkait dengan angka dan perhitungan, perlu dikaitkan antara kemampuan siswa dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari olehnya. Bila kemampuan siswa dalam menghitung lemah, maka soal-soal harus dibuat dengan angka-angka yang bulat dan sederhana, supaya siswa dapat lebih mudah dalam mengerjakannya.