Pangestuti, Ardian Anjar. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph. D., (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments, Minat Baca, Kemampuan Berpikir Kritis, Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif

 

Membaca merupakan sebuah aktivitas sederhana yang dapat membuat seseorang mendapatkan berbagai macam informasi. Hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2006 serta hasil studi internasional PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) pada tahun 2011 menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan literasi membaca dikhawatirkan berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.

Hasil observasi di kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM menunjukkan bahwa minat baca dan hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Rendahnya minat baca siswa dikhawatirkan berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, perlu ditingkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa di kelas tersebut. Selain kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa, metakognitif siswa juga perlu ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dapat optimal serta memberikan hasil yang memuaskan. Agar dapat mengatasi masalah yang muncul di kelas tersebut, maka diterapkan model pembelajaran yang mengkombinasikan kegiatan membaca (Reading), menyusun peta konsep (Concept Map), dan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments. Model pembelajaran tersebut adalah Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Biologi berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments dapat meningkatkan minat baca dan kesadaran metakognitif. Akan tetapi minat membaca tersebut hanya terbatas pada bacaan yang bersifat hiburan. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM juga meningkat. Pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 46,22 sedangkan pada siklus II adalah 72,71. Skor peningkatan (gain) sebesar 57,31%. Pada penelitian ini, hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 49,74 sedangkan pada siklus II adalah 69,69. Skor peningkatan (gain) sebesar 40,11%.

× How can I help you?