Sofia, Dewi Agustiana. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Pasacasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ruminiati, Msi, (II) Prof. Utami Widiati, M.A, Ph.D.

Kata Kunci: motivasi, hasil belajar. model kooperatif tipe make a match, kartu bergambar.

Berdasarkan data pada studi pendahuluan ditemukan bahwa motivasi siswa kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang dalam pembelajaran IPS sangat rendah. Rendahnya motivasi siswa terhadap pembelajaran IPS ini berakibat pada rendahnya hasil belajar IPS siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar pada siswa kelas IV; (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah pembelajaran IPS dengan menerapkan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar; dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV setelah diterapkannya model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang, yang berjumlah 22 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi aktivitas guru, hasil angket motivasi siswa, dan hasil tes evaluasi belajar siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Data motivasi siswa diperoleh melalui angket motivasi siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus. Sedangkan data hasil tes evaluasi diperoleh dari tes evaluasi belajar pada tiap akhir siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi: 1) pemaparan data; 2) reduksi data; 3) kategorisasi; 4) penafsiran dan penyimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum motivasi belajar siswa kelas IV untuk belajar IPS meningkat pada setiap siklus yaitu 91% pada siklus I dan 99% pada siklus II. Hasil belajar IPS siswa kelas IV juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu 68% ketuntasan belajar pada siklus I dan meningkat menjadi 82% pada siklus II. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa, khususnya di kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang. Peningkatan motivasi dan hasil belajar ini terjadi dikarenakan guru menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) guru menyampaikan materi dengan menggunakan bantuan gambar yang menarik, siswa diminta mencocokkan gambar di papan tulis sesuai dengan petunjuk guru; 2) guru menyiapkan lembar kerja siswa atau LKS kelompok yang tidak terlalu banyak; 3) guru menyiapkan kartu soal (berupa tulisan) dan kartu jawaban (berupa kartu bergambar) kemudian diberikan kepada siswa; 4) siswa diminta memikirkan pasangan dari kartu soal atau kartu jawaban yang mereka pegang; 5) siswa mencari pasangan dari kartu soal dan kartu jawaban yang mereka pegang; 6) siswa duduk berkelompok berdasarkan pasangan soal dengan jawaban dan mendiskusikan hasil pemasangan soal dan jawaban, serta membagi tugas untuk presentasi (masing-masing kelompok berisi satu siswa pemegang kartu soal dan tiga atau 4 siswa pemegang kartu jawaban); 7) masing-masing kelompok melakukan presentasi dan siswa dari kelompok lain memberikan masukan atau komentar atas presentasi temannya. Dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match di atas motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang dapat ditingkatkan.

× How can I help you?