Abidin, Zaenal. 2015. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Chips Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Brebes 01). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. (2) Dr. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci: cooperative learning tipe talking chips, media audio visual, keaktifan, hasil belajar IPS.

 

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas IV SD Negeri Brebes 01, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu: (1) Pembelajaran belum melibatkan peserta didik secara aktif; (2) Rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPS peserta didik; (3) Guru belum meggunakan media yang cocok dengan pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Brebes 01; (2) Mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri Brebes 01; (3) Mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Brebes 01.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri Brebes 01 yang berjumlah 32 peserta didik. Peneliti sebagai pengamat partisipan. Peneliti dibantu guru kelas dan dua orang observer. Berdasarkan inisiatif guru kelas, dalam penelitian ini pemberi tindakan (guru model) adalah guru kelas. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, soal tes akhir siklus, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri Brebes 01 terlaksana dengan sangat baik. (2) Penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri Brebes 01.Peningkatan tersebut sebesar 21,87%. (3) Penerapan model cooperative learning tipe talking chips berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Brebes 01. Peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 21,88%, hasil belajar afektif sebesar 21,88%, dan hasil belajar psikomotor sebesar 18,75%.

Ciri khas dalam penelitian ini adalah: (1) Mengawali kegiatan talking chips dengan permainan melempar bola untuk memaksimalkan keaktifan peserta didik; (2) Menggunakan permen sebagai pengganti chips dapat menambah semangat peserta didik. (3) Kemenarikan model dan media yang digunakan membuat guru kelas berinisiatif menjadi guru model dan ingin mengaplikasikannya di masa mendatang.

× How can I help you?