Mohammad Yatim. 2005. Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Strategi React pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Makmur Aceh Utara. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaja, M.Ed., Ph.D. dan (II) Drs. H. Muchtar Abdul Karim, M.A.

Kata kunci: pembelajaran, strategi REACT, dan teorema Pythagoras.

Pemahaman terhadap materi teorema Pythagoras perlu ditekankan pada siswa sejak dini karena merupakan pengetahuan dasar dalam belajar matematika lebih lanjut juga dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi teorema Pythagoras. Kesulitan yang dialami mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa pada materi teorema Pythagoras, seperti yang dialami siswa SMP Negeri 2 Kuta Makmur Aceh Utara.

Kesulitan siswa dalam memahami materi teorema Pythagoras diduga karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan. Kurang tepatnya pemilihan strategi pembelajaran akan mempengaruhi proses terbentuknya pengetahuan pada siswa, apalagi pada materi yang dianggap sulit oleh siswa.

Kesulitan siswa memahami materi teorema Pythagoras merupakan masalah yang perlu segera diatasi. Cara yang dianggap tepat adalah penerapan pembelajaran dengan strategi REACT. Pembelajaran teorema Pythagoras dengan strategi REACT memberikan kesempatan penuh kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri.

Strategi REACT adalah suatu strategi pembelajaran yang dikembangkan me-ngacu pada paham konstruktivisme. Strategi REACT merupakan gabungan dari lima strategi pembelajaran, yaitu: mengaitkan (Relating) adalah mengaitkan informasi baru dengan berbagai pengalaman kehidupan atau pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, mengalami (Experiencing) adalah pengalaman belajar yang melibatkan kreativitas siswa pada saat mempelajari suatu konsep atau menyelesaikan masalah, menerapkan (Applying) adalah belajar dengan menempatkan konsep-konsep untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah, bekerjasama (Cooperating) adalah belajar dalam konteks sharing, merespon, dan berkomunikasi dengan para pelajar lainnya, dan mentransfer (Transferring) adalah penggunaan pengetahuan dalam konteks baru atau situasi baru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran teorema Pythagoras dengan strategi REACT untuk membangun pemahaman siswa terhadap materi teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan partisipan yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Makmur. Subjek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes pengetahuan prasyarat dan saran guru matematika yang mengetahui latar belakang siswa yang bersangkutan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat membangun pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Makmur terhadap materi teorema Pythagoras. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap sebagai berikut. Pertama, tahap awal. Guru mengelompokkan siswa dalam ke-lompok belajar, menjelaskan tugas dan tanggung jawab anggota kelompok, menyam-paikan indikator pembelajaran, memotivasi siswa, membangkitkan pengetahuan prasyarat siswa, dan membagikan LKS serta media yang dibutuhkan. Komponen REACT yang muncul pada tahap awal adalah relating dan cooperating. Kedua, tahap inti. Siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk menemukan teorema Pythagoras dan menggunakan teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku, menyelesaikan masalah yang ada dalam LKS, menyiapkan laporan, dan menyajikan laporan hasil kerja kelompok. Peran guru adalah sebagai mediator dan fasilitator sehingga memungkinkan siswa menggunakan kelima strategi yang ada dalam strategi REACT. Ketiga, tahap akhir. Guru merespon pembelajaran dan mengarahkan siswa membuat simpulan yaitu, untuk setiap segitiga siku-siku selau berlaku “kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah dari kuadrat panjang sisi siku-sikunya”. Pada bagian akhir dari tahap ini, guru melakukan evaluasi dengan memberikan soal-soal aplikasi. Komponen REACT yang muncul adalah relating, applying, dan transferring.

Respon siswa terhadap pembelajaran teorema Pythagoras dengan strategi REACT sangat positif. Siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran teorema Pythagoras dengan strategi REACT dan menyatakan lebih mudah memahami materi teorema Pythagoras. Siswa juga menyatakan senang bekerja dengan menggunakan media yang tepat.

Guru matematika SMP yang menerapkan pembelajaran teorema Pythagoras dengan strategi REACT disarankan untuk merancang perangkat pembelajaran yang memuat semua komponen yang terdapat dalam strategi REACT, menggunakan media pembelajaran atau alat peraga serta LKS yang memungkinkan siswa menggu-nakan kelima komponen REACT dalam proses belajar mereka sehingga membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajarinya.

× How can I help you?