Hendriana, Benny. 2013. Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual Berbantuan Program Cabri 3D untuk Memahamkan Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Tabung dan Kerucut Kelas IX-C SMP Negeri 4 Rangkasbitung. Tesis. Program Studi Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D., (II) Drs. Muchtar Abdul Karim, M.A.

 

Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, program Cabri 3D, memahamkan, luas permukaan, volume, tabung dan kerucut.

 

Proses pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk memahamkan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut melalui pendekatan kontekstual yang melibatkan tujuh komponen utama, yaitu (1) konstruktivisme (constructivism), (2) pengajuan pertanyaan (questioning), (3) penemuan (inquiry), (4) masyarakat belajar (learning community), (5) pemodelan (modelling), (6) refleksi (reflektion), dan (7) asesmen otentik (authentic assessment).

Untuk membantu memahamkan konsep dari tabung dan kerucut, maka digunakan program Cabri 3D. Program Cabri 3D memiliki keunggulan dalam memvisualisasikan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut yang masih abstrak di pikiran siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian dibagi menjadi 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Yang dilakukan pada kegiatan awal yaitu pembentukan kelompok yang terdiri dari 4 orang siswa dengan kemampuan yang berbeda, penyampaian tujuan pembelajaran, dan pemberian stimulus melalui slides gambar yang ada di kehidupan sehari-hari berkaitan dengan materi tabung dan kerucut. Pada kegiatan inti proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan LKS. Pada LKS terdapat permasalahan-permasalahan yang harus di selesaikan siswa secara berkelompok dengan menggunakan bantuan program Cabri 3D. Setelah itu salah satu kelompok mempresentasikan jawabannya dan kelompok lain memberi tanggapan. Dan pada kegiatan akhir yaitu mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbantuan program Cabri 3D dapat memahamkan konsep luas permukaan dan volume dari tabung dan kerucut pada siswa kelas IX-C SMP Negeri 4 Rangkasbitung. Selain itu respon siswa terhadap proses pembelajaran pun sangat positif. Siswa terlihat aktif selama proses pembelajaran menggunakan LKS dan bantuan program Cabri 3D. Dengan menggunakan skor maksimum teoretis 100, pada akhir siklus II persentase siswa dengan skor hasil belajar lebih dari atau sama dengan 70 yaitu 86,11% dari 36 siswa.

× How can I help you?