Tesis “Meningkatkan Kemampuan Interaksi, Komunikasi, dan Berbicara pada Siswa Autistik dengan Metode CVA+C Mapel Bahasa Inggris Kelas Sembilan SMPLB Dr. Idayu 2”.
Putera, Alam. Aji. 2013. Meningkatkan Kemampuan Interaksi, Komunikasi, dan Berbicara pada Siswa Autistik dengan Metode CVA+C Mapel Bahasa Inggris Kelas Sembilan SMPLB Dr. Idayu 2. Tesis, Pengajaran Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: : (I) Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., Ph.D., (II) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A.
Kata kunci: interaksi,komunikasi, kemampuan berbicara, siswa autistik, metode KVA+K
Studi awal menunjukkan bahwa siswa autistic kelas Sembilan di SMPLB Dr. Idayu 2 Malang memiliki kesulitan dalam interaksi, komunikasi, dan kemampuan berbicara. Penelitian ini dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah – masalah tersebut dengan mengimplementasikan metode CVA+C. CVA+C adalah kependekan dari Contextual, Visual, Audio and Character.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti didampingi oleh terapis sebagai kolaborator ketika metode ini di implementasikan dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus kepada dua siswa autistic di kelas. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen seperti lembar observasi interaksi dan komunikasi, catatan lapangan, dan rubrik kemampuan berbicara. Kriteria ketuntasan minimal adalah 70.
Implementasi dari metode CVA+C meningkatkan interaksi, komunikasi, dan kemampuan bervicara siswa autistic. Pada siklus pertama 50 persen siswa tidak mencapai nilai KKM. Akan tetapi pada siklus ke dua 100 persen siswa mencapai nilai KKM. Metode CVA+C memiliki 8 langkah yaitu: a) menjelaskan menggunakan media visual (augmentative communication), yaitu media seperti kartu gambar, video, kartu kosa kata, dan animasi flash; b) menggunakan media audio yang berhubungan dengan tema; c) tanya jawab dengan siswa; d) memberikan contoh/model pada siswa; e) melakukan aktifitas secara berpasangan (pivotal response training) dan melakukan aktifitas nyata berdasarkan tema yang ada; f) mengerjakan tugas berdasarkan buku yang disusun oleh penulis; g) mewarna gambar yang sudah disediakan dan memasang di papan kelas; h) memajang produk dari tema di kelas (reactive based intervention).