Fatoni, Ahmad. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Daerah Terpencil. Studi Kasus di SDN Panikel 03 Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Tesis, Jurusan Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Muhammad Huda A.Y., M.Pd. (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, M.Pd.

 

Kata Kunci:   kepemimpinan, kepala sekolah perempuan, kinerja guru, daerah                               terpencil.

 

            Studi tentang kepemimpinan merupakan studi yang sudah lama dilakukan dengan menghasilkan teori yang banyak jumlahnya seperti teori sifat, teori perilaku, hingga teori situasional. Namun dari banyak studi tersebut masih sedikit yang membahas tentang pemimpin perempuan, terlebih pemimpin perempuan di satuan pendidikan. Pemimpin di satuan pendidikan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang mampu mempengaruhi guru agar berkinerja baik. Namun, banyak faktor yang dapat menghambat kinerja guru, salah satunya adalah faktor lingkungan seperti lingkungan di daerah terpencil.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang: (1) Karakteristik peran kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03; (2) Tipe kepemimpinan kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03; (3) Kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan kepemimpinan kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03; (4) Strategi kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03 dalam mengatasi kelemahan dan hambatan kepemimpinan; (5) Strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03 dalam meningkatkan kinerja guru.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan ketua komite, SDN Panikel 03, aktivitas/kegiatan, dan paper sesuai fokus penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, transferabilitas, depenabilitas, dan konfirmabilitas. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) karakteristik peran Kepala Sekolah Perempuan SDN Panikel 03 ada sembilan yaitu kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, pencipta iklim kerja, dan wirausahawan; (2) tipe kepemimpinan Kepala SDN Panikel 03 cenderung bertipe demokratis; (3) kekuatan kepemimpinan kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03 adalah terbuka dan transparan, tidak anti kritik, menganggap semua bawahan adalah sama, mengayomi bawahan, dan sering mengajak diskusi. Kelemahannya adalah sering kurang tegas, sering tergesa-gesa dan peragu, takut gagal, sebelum bertindak sangat memperhitungkan dampak untung rugi suatu kegiatan. Peluang kepemimpinannya adalah banyak guru muda, siswa yang memiliki ketertarikan dan bakat pada seni, seluruh guru sudah memiliki laptop dan ada jaringan WiFi, memiliki LCD proyektor, dan ada kerjasama dengan YSBS Mino Martani. Hambatan kepemimpinannya adalah karakter masyarakat yang keras dan terlalu menuntut, faktor lingkungan yang sulit air bersih, jalan rusak, dan sering banjir, dan jauh dari pusat kota kecamatan dan kabupaten; (4) strategi kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03 dalam mengatasi kelemahan dan hambatan kepemimpinannya adalah menggunakan strategi WO & ST, yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan dan memanfaatkan peluang serta memaksimalkan kekuatan untuk mengatasi hambatan; (5) strategi kepemimpinan kepala sekolah perempuan SDN Panikel 03 dalam meningkatkan kinerja guru adalah menggunakan strategi SO & WO, yaitu strategi yang menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang serta mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan peluang.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran-saran bagi: (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cilacap, melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat mengambil kebijakan yang terkait dengan kelemahan kepemimpinan dan hambatan lingkungan di Kecamatan Kampung Laut; (2) Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kampung Laut, melalui hasil penelitian tentang pelaksanaan peran kepala sekolah dan strategi dalam meningkatkan kinerja guru dapat menjadi rujukan dalam pengambilan penilaian yang komprehensif pada kinerja Kepala SDN Panikel 03; (3) Pengawas Sekolah UPTD Pendidikan Kecamatan Kampung Laut, melalui hasil penelitian tentang pelaksanaan peran kepala sekolah dapat menjadi acuan agar dalam memberikan motivasi dan supervisi dengan memperhatikan kelemahan dan hambatan di SDN Panikel 03; (4) Kepala SDN Panikel 03, hasil penelitian tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ini akan memberikan gambaran utuh tentang pelaksanaan peran kepala sekolah, pelaksanaan proses kepemimpinan kepala sekolah, serta kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan kepemimpinan. Penelitian ini juga dapat dijadikan rujukan untuk mengatasi kelemahan dan hambatan kepemimpinan serta strategi dalam meningkatkan kinerja guru; (5) Guru-guru SDN Panikel 03, melalui hasil penelitian tentang peran kepala sekolah dan strategi dalam meningkatkan kinerja guru diharapkan menjadi rujukan dalam rangka memperbaiki kinerja dan mendukung kepemimpinan kepala sekolah; (6) Komite sekolah, melalui hasil penelitian tentang hambatan kepemimpinan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan peran serta masyarakat dan membantu kepala sekolah dalam menjalankan proses kepemimpinannya; (7) Peneliti lain, mengacu pada hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dan pembanding untuk mengkaji lebih lanjut tentang kepemimpinan perempuan dan peranannya dalam meningkatkan kinerja guru.

× How can I help you?