Tesis “Keefektifan Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Ceramah Demonstrasi dan Praktikum Berbantuan Diagram Vee Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa”.
Wicaksono, Ardian Trio. 2013. Keefektifan Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Ceramah Demonstrasi dan Praktikum Berbantuan Diagram Vee Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Subandi, M.Si, (II) Dr. Siti Marfu’ah, M.S.
Kata-kata kunci: larutan penyangga, ceramah demonstrasi, praktikum berbantuan diagram vee, motivasi, hasil belajar
Larutan penyangga merupakan salah-satu materi yang dianggap sulit oleh Guru kimia SMAN 1 Grati. Hal ini didukung dengan rendahnya persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Fakta tersebut diduga karena siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal-soal larutan penyangga serta motivasi belajar siswa yang rendah. Disamping itu, pembelajaran praktikum di laboratorium jarang dilakukan akibat keterbatasan alat dan bahan. Penerapan ceramah-demonstrasi atau praktikum berbantuan Diagram Vee diduga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran pada kedua metode tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan ceramah demonstrasi dan praktikum berbantuan Diagram Vee terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran larutan penyangga.
Penelitian ini merupakan posttest only comparative group design. Subyek penelitian adalah 38 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Grati tahun pelajaran 2013/2014 yang dibagi menjadi dua kelas. Satu kelas terdiri dari 19 siswa yang diajar dengan menggunakan ceramah-demonstrasi dan kelas yang lain terdiri dari 19 siswa diajar dengan menggunakan praktikum berbantuan Diagram Vee. Data penelitian berupa skor motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar yang disusun oleh Ramahlape (2004) dan Demirtas (2006) dan skor hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 7 soal dengan validitas isi sebesar 91,7%, dan koefisien reliabilitas, dihitung dengan menggunakan rumus Spearman-Brown, sebesar 0,69. Data penelitian dianalisis menggunakan uji ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran larutan penyangga yang diajar dengan menggunakan praktikum berbantuan Diagram Vee lebih tinggi dibandingkan menggunakan ceramah-demonstrasi. Hasil belajar siswa pada pembelajaran larutan penyangga yang diajar dengan menggunakan praktikum berbantuan Diagram Vee lebih tinggi dibandingkan menggunakan ceramah-demonstrasi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran praktikum berbantuan Diagram Vee lebih efektif daripada ceramah-demonstrasi pada pembelajaran larutan penyangga.