Tesis “KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SEMI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KIMIA”.
Fatchiyatun Ni’mah, Suhadi Ibnu & Sri Rahayu, Program Pasca-Sarjana Universitas Negeri Malang, fatchiyatun@yahoo.com, Dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang
Penelitian ini bertujuan melihat keefektifan pembelajaran inkuiri semi terbuka dan inkuiri terbimbing dalam mengembangkan literasi sains serta adanya perbedaan literasi sains siswa diantara kedua kelas setelah pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan jenis rancangan kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan model rancangan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 (yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri semi terbuka) dan XI IPA 2 (yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran inkuiri semi terbuka efektif dalam mengembangkan literasi sains siswa, yaitu kategori sedang untuk dimensi pengetahuan ilmiah serta keterampilan proses dan kategori rendah untuk dimensi sikap siswa terhadap kimia, (2) pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam mengembangkan literasi sains siswa, yaitu kategori tinggi untuk dimensi pengetahuan ilmiah serta keterampilan proses dan kategori sedang untuk dimensi sikap siswa terhadap kimia, dan (3) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran inkuiri semi terbuka dan inkuiri terbimbing dalam mengembangkan literasi sains siwa. Perbedaan keefektifan terjadi untuk ketiga dimensi, yaitu pengetahuan ilmiah, keterampilan proses dan sikap siswa terhadap kimia.
Kata kunci: inkuiri semi terbuka, inkuiri terbimbing, literasi sains, pengetahuan ilmiah, keterampilan proses, sikap siswa terhadap kimia