Wiyono, Bambang Dibyo. 2013. Keefektifan Konseling Kelompok Singkat Berfokus Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Hidayah, M.Pd. (II) Dr. M. Ramli, M.A.

 

Kata Kunci: motivasi berprestasi, konseling kelompok singkat berfokus solusi, sekolah menengah kejuruan

 

Kualitas lulusan SMK sangat dipengaruhi oleh pencapaian kompetensi lulusan yang diwujudkan dalam prestasi akademik. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik sangat dipengaruhi oleh motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah usaha dan keyakinan individu untuk mewujudkan tujuan akademik dengan standar keberhasilan tertentu dan mampu mengatasi segala rintangan yang menghambat pencapaian tujuan. Peningkatan motivasi berprestasi diharapkan terjadi melalui penerapan konseling kelompok singkat berfokus solusi. Konseling kelompok singkat berfokus solusi dilandasi oleh filosofi postmodern dan konstruktivisme sosial serta memiliki karakteristik singkat, berfokus pada solusi, berorientasi pada tujuan, fokus pada masa sekarang dan masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK.

Rancangan penelitian ini menggunakan pretest & posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan pada tahun pelajaran 2012/2013 yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Data kuantitatif dianalisis dengan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Withney U. Analisis data kualitatif menggunakan metode analisis percakapan untuk menganalisis perubahan wicara diri selama proses intervensi.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai z hitung > z tabel yaitu         -2.619 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.009 < 0.05, maka Ho ditolak. Artinya konseling kelompok singkat berfokus solusi efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK. Hasil analisis percakapan menunjukkan bahwa pernyataan/ungkapan konseli yang awalnya menunjukkan motivasi berprestasi rendah berubah menjadi ungkapan motivasi berprestasi tinggi.

Saran penelitian sebagai berikut: (1) konseling kelompok singkat berfokus solusi dapat digunakan oleh konselor sekolah sebagai salah satu pendekatan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK; (2) peneliti selanjutnya perlu menindaklanjuti dengan penelitian yang menggunakan variasi jumlah tahapan dan/atau sesi pertemuan serta populasi yang lebih luas.

× How can I help you?