Rahman, Abd. 2013. Tesis dengan judul Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Kelapa Sawit Untuk Siswa Kelas X SMK-PP Negeri Jambi, Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Fakultas Pascasarjana, Unversitas Negeri Malang. Pebimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, dan pembimbing (II) Dr. Sulton, M.Pd.

 

Kata kunci: latar belakang pengembangan, pengembangan paket pembelajaran, prosedur pengembangan, dan hasil pengembangan paket pembelajaran.

 

Bahan ajar yang disusun untuk dipakai di sekolah-sekolah dalam penyusunannya tidak mempertimbangkan struktur isi bidang studi untuk keperluan pembelajaran. Isi buku teks lebih banyak menggunakan pendekatan disiplin, bukan pendekatan metodologi pembelajaran, sehingga seringkali terlihat strukturnya tidak saling terkait antara bab dengan bab lainnya atau bagian-bagian yang lebih rinci. Oleh karenanya perlu adanya upaya penyediaan paket pembelajaran yang sesuai kebutuhan, kondisi lingkungan dimana siswa melakukan kegiatan pembelajaran.

Pengembangan paket pembelajaran sangat penting untuk dilakukan dengan alasan: (1) dapat digunakan siswa sebagai salah satu sumber belajar yang dapat memudahkan siswa dalam proses belajar secara individu, (2) dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan memberi arah guru dalam membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan tuntas, (3) dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara individual maupun kelompok atau klasikal, dan (4) dapat menjadi titik awal bagi lembaga pendidikan untuk mengambil kebijakan dalam penetapan keputusan tentang memilih dan mengembangkan paket pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran karakteristik siswa dan lingkungan serta sesuai kebutuhan.

Prosedur dalam pengembangan paket pembelajaran menggunakan model Dick & Carey dengan tahapan sebagai berikut: (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan pembelajaran umum, (2) melakukan analisis pembelajaran. 3) mengidentifikasi karakteristik pebelaiar dan lingkungannya (4) merumuskan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) mendesain dan melaksanakan tes formatif, dan (9) merevisi pembelajaran.

Hasil pengembangan terhadap produk paket pembelajaran budidaya kelapa sawit adalah layak untuk digunakan karena telah melalui uji kelayakan oleh para ahli yang berkompeten dan para siswa sebagai calon pengguna produk pengembangan. Hasil validasi yang diperoleh dari para ahli yang terdiri dari: Ahli isi mata pelajaran 83,5% , ahli desain pembelajaran 83,2% dan dan ahli media pembelajaran 75,2%, siswa subjek uji coba 84% dan Guru mata pelajaran 87,2%.

Tanggapan dari para siswa dan guru mata pelajaran bahwa produk pengembangan paket pembelajaran budidaya kelapa sawit ini sudah memenuhi standar kelayakan dan direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar di SMK-PP Negeri Jambi.

 

× How can I help you?