Rahmawati , Ani Frida 2013. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa VIII C SMP Negeri 3 Jember, Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc, (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra, M.Si.

 

Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Motivasi belajar.

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terjadi di SMP Negeri 3 Jember. Pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada guru, akibatnya siswa menjadi pasif dan mempunyai motivasi belajar yang rendah. Oleh karena itu peneliti merasa perlu menerapkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan mengaitkan ide-ide matematika dengan realitas di sekitar siswa, yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik.

Karakteristik dari Pembelajaran matematika realistik yaitu:                      (1) menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik awal pembelajaran (use of context), (2) menggunakan model untuk menjembatani konsep matematika yang konkret ke abstrak (use of model), (3) menghargai sumbangan pikiran siswa (students contribution), (4) belajar dalam suasana demokratif dan interaktif (interactivity), (5) adanya keterkaitan antara materi yang dipelajari dengan materi lain, disiplin ilmu yang lain dan masalah sehari-hari (intertwinning).

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari :                      (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah: (1) validator, (2) observer, (3) subjek penelitian dan (4) siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Jember. Data penelitian meliputi: (1) skor hasil tes, (2) skor hasil observasi aktivitas guru dan skor hasil observasi aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, (3) skor angket motivasi siswa dan (4) hasil wawancara terhadap subjek penelitian.

Implementasi pembelajaran matematika realistik dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, hasil angket motivasi siswa pada siklus I ke siklus II menunjukan peningkatan dan dari hasil wawancara siswa lebih senang, mudah memahami materi pelajaran, percaya diri dan puas selama mengikuti pembelajaran matematika realistik di kelas.

Beberapa temuan penelitian pada penelitian ini adalah sebagai berikut:    (1) aktivitas siswa pada awal pembelajaran kurang efektif karena siswa belum terbiasa belajar berkelompok menggunakan LKS tanpa bimbingan guru, (2) penggunaan LKS dengan memberikan masalah sehari-hari dapat membantu siswa membangun pemahaman mereka sendiri, sehingga tidak terlalui terfokus pada guru, (3) presentasi hasil pekerjaan siswa di depan kelas, dapat melatih siswa untuk berani mengeluarkan ide/gagasannya, dan (4) guru selalu membimbing dan memotivasi siswa selama kegiatan pembelajaran, tetapi terkadang saat diskusi guru kurang mengarahkan siswa untuk menanggapi pemikiran yang dikemukakan oleh temannya, sehingga tidak ada tanggapan dari siswa lain dan hanya menuliskan jawaban di papan tulis.

 

× How can I help you?