Arisandi. 2015. Hubungan Kompetensi Personal, Kompetensi Sosial, Fasilitas Praktikum, terhadap Motivasi Guru dan Prestasi Belajar Siswa SMK Keahlian TIPTL di Kediri. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tuwoso, M.P., (II) Dr. Tri Atmadji S., M.Pd.

 

Kata Kunci:   kompetensi personal, kompetensi sosial, fasilitas praktikum, motivasi guru, dan prestasi belajar.

 

Salah satu kunci utama dalam proses pembelajaran adalah guru. Pengembangan proses dan kualitas pendidikan erat kaitannya dengan kinerja guru yang berhubungan erat dengan motivasi guru. Motivasi guru sangat erat kaitannya dengan kompetensi personal dan sosial. Selain faktor guru, untuk dapat menciptakan lulusan yang terampil sesuai dengan keahliannya, SMK sebagai pencetak tenaga kerja terampil siap kerja dan bahkan menciptakan lapangan kerja sendiri memerlukan sarana dan prasarana pendukung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kompetensi perso­nal, kompetensi sosial, fasilitas praktikum terhadap motivasi guru dan prestasi belajar siswa SMK keahlian TIPTL di Kediri.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah semua guru mata pelajaran keahlian TIPTL yang berjumlah 164 guru. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh sampel sejumlah 128 guru. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik analisis jalur.

Hasil penelitian ini diperoleh presentase kriteria kategori baik sebagai berikut: (1) kompetensi personal 56,25 %; (2) kompetensi sosial 84,37 %; (3) fasilitas praktikum 53,90 %; dan (4) motivasi guru 77,34%. Prestasi belajar siswa diperoleh presentase dengan kriteria kategori sangat baik sebesar 60,16 %. Hasil berupa uji hipotesis sebagai berikut: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi personal terhadap motivasi guru; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi sosial terhadap motivasi guru; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara fasilitas praktikum terhadap motivasi guru; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi personal terhadap prestasi belajar siswa; (5) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa; (6) ada hubungan positif dan signifikan antara fasilitas praktikum terhadap prestasi belajar siswa; (7) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa; (8) ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi personal, sosial, fasilitas praktikum, terhadap motivasi guru, dan prestasi belajar siswa SMK keahlian TIPTL di Kediri. Dari hasil yang diperoleh, guru diharapkan memiliki kompetensi personal, sosial dan motivasi tinggi serta sekolah dapat memberikan fasilitas praktikum yang sesuai dan memadai agar tujuan pembelajaran tercapai.

 

× How can I help you?