Dwi Heri Pahlawan. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran dengan Multimedia, Konvensional dan Campuran (Multimedia-Konvensional) terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Mata Diklat Produktif Siswa Kelas X Bidang Keahlian Advance Otomotif di SMKN-1 Singosari. Tesis: Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Djoko Kustono, M.Pd., (2) H. Hakkun Elmunsyah, ST, MT.

Kata kunci: Efektifitas model pembelajaran, Prestasi, Motivasi, Mata diklat produktif keahlian advance otomotif.

Untuk mencapai tujuan pendidikan banyak faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran yaitu guru, siswa, sarana, alat dan media, serta lingkungan. Pembelajaran teknik umumnya berbasis metode pelatihan proses pembelajarannya bercirikan apprenticeship, yaitu penurunan ketrampilan dari pengajar kepada siswa baik dikelas ataupun dilaboratorium dan urutannya cenderung stereotif, yakni : (1) pemberian penjelasan tujuan dan prosedur kerja, (2) pemberian contoh oleh instruktur, (3) melakukan kegiatan simulatif, baru kemudian komputer, LCD, animasi dan gambar-gambar atraktif lainnya yang innovatif dalam proses pembelajaran, melalui multimedia di harapkan lebih maksimal dan pemanfaatan multimedia pada pembelajaran yang tepat diharapkan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif dan efesien

Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti menetapkan rumusan masalah dalam penelitian pembelajaran mata diklat produktif bidang keahlian advance otomotif di SMKN 1 Singosari secara rinci diuraikan sebagai berikut: (1) apakah ada perbedaan efektifitas pencapaian kompetensi pada mata diklat produktif otomotif antara model pembelajaran menggunakan multimedia, konvensional dan campuran multi media-konvensional?; (2) apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran (multimedia, konvensional dan campuran) terhadap prestasi belajar?; (3) apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap motivasi belajar?

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah para siswa kelas X mata diklat produktif bidang keahlian advance otomotif di SMKN 1 Singosari. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar observasi, angket dan kehadiran peneliti sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan kuesioner.

Hasil dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa (1) efektivitas metode pembelajaran terhadap prestasi siswa, menunjukkan bahwa penerapan ketiga metode pembelajaran yaitu metode multimedia, konvensional, maupun campuran memberikan efektivitas yang signifikan terhadap prestasi siswa dari grafik prestasi belajar model pembelajaran konvensional memberi gambaran yang terbaik grafik motivasi belajar model pembelajaran konvensional tertinggi; (2) Identifikasi adanya pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi siswa, secara statistika terbukti bahwa metode pembelajaran memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa pada kelas produktif chasis, Pada kelas chasis, metode konvensional menunjukkan prestasi siswa yang cenderung naik. Juga dialami oleh kelas dengan metode pembelajaran campuran; (3) Pengaruh metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, secara statistika telah ditunjukkan bahwa metode pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X mata diklat produktif bidang keahlian advance otomotif di SMKN 1 Singosari.

Dan secara menyeluruh hasil penelitian ini memberikan penjelasan bahwa model pembelajaran konvensional yang paling tepat untuk digunakan sebagai model pembelajaran chasis agar prestasi dan motivasi siswa/peserta didik meningkat.

× How can I help you?