Tesis “Developing Listening Materials for the Eleventh Year Students of MA Almaarif Singosari Malang (Based on the 2006 Standard of Contents)”.
Kurniawan, Athok Yusuf. 2012. Developing Listening Materials for the Eleventh Year Students of MA Almaarif Singosari Malang (Based on the 2006 Standard of Contents). Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yazid Basthomi, M.A., (II) Drs. Fachrurrazy, M.A., Ph.D.
Kata Kunci: mengembangkan, materi menyimak Bahasa Inggris, MA Almaarif Singosari.
Ketersediaan materi menyimak Bahasa Inggris yang sesuai tampaknya menjadi masalah di MA Almaarif Singosari terutama bagi siswa kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah tersebut dengan mengembangkan materi menyimak Bahasa Inggris untuk siswa kelas XI berdasarkan Srandar Isi 2006. Prosedur penelitian dan pengembangan yang diterapkan meliputi survei kebutuhan, pengembangan materi, validasi dan produk akhir. Validasi dalam tahap pengembangan ini meliputi penilaian ahli dan guru, revisi, uji coba, revisi, dan uji coba kedua.
Instrumen yang digunakan pada survei kebutuhan adalah angket, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil dari survey kebutuhan menunjukkan bahwa siswa membutuhkan materi menyimak Bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka dan kurikulum. Hasil temuan dari survey kebutuhan tersebut digunakan sebagai dasar pengembangan materi menyimak Bahasa Inggris. Konsep materi yang telah dikembangkan kemudian diberikan kepada ahli dan guru untuk dinilai dan dievaluasi. Ahli dan guru menilai materi dalam hal bahasa, kesesuaian isi dengan kurikulum, panjang materi menyimak, kecepatan berbicara, kualitas rekaman, dan daya tarik materi. Kemudian hasil penilaian ahli dan guru dipaparkan secara kualitatif.
Uji coba produk dilaksanakan oleh guru kolega untuk mengetahui kesesuaian bahasa, kesesuaian isi dengan kurikulum, panjang materi menyimak, kecepatan berbicara, kualitas rekaman, dan daya tarik materi serta kepraktisan, keefektifan, dan tingkat kesulitan dari materi tersebut. Subyek uji coba adalah siswa kelas XI. Lima siswa dipilih dari kelas XI IPA 1 sebagai sampel dengan menggunnakan stratified random sampling. Kelas XI IPA 1 dipilih secara simple random sampling. Data yang diperoleh dari guru dan observasi yang berhubungan dengan kepraktisan dan keefektifian materi dipaparkan secara kualitatif dan deskriptif. Data dari murid yang berhubungan dengan kesesuaian bahasa, kesesuaian isi dengan kurikulum, panjang materi menyimak, kecepatan berbicara, kualitas rekaman, dan daya tarik materi serta tingkat kesulitan materi dianalisa secara kuantitatif dengan prosentase.
Hasil dari uji coba pertama menunjukkan bahwa hanya unit 8 yang perlu direvisi dalam hal tingkat kesulitannya. Revisi dilakukan dengan mengganti teks pada bagian A dengan teks yang lebih pendek dan lebih mudah. Pada bagian B, revisi dilakukan dengan mengurangi jumlah kata yang dihilangkan pada teks. Setelah itu, unit yang sudah direvisi diuji cobakan kembali. Hasil dari uji coba kedua menunjukkan bahwa unit yang direvisi sudah sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Produk akhir berupa materi rekaman dalam bentuk CD, buku guru dan buku siswa. Buku guru berisi arahan bagaimana mengajarkan materi tersebut, urutan dalam mengajarkannya, naskah dan kunci jawaban. Sedangkan buku siswa berisi latihan-latihan yang harus dikerjakan oleh siswa.
Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama disarankan agar mengembangkan materi menyimak untuk siswa kelas lainnya. Bagi guru Bahasa Inggris yang akan memakai produk penelitian ini disarankan mengikuti buku petunjuk yang ada dan meragamkan kegiatan sebelum dan sesudah kegiatan inti.