Tesis “Bahan Ajar Matakuliah English Phonology untuk Mahasiswa Semester Tiga Universitas Muhammadiyah Gresik”.
Asmara, Candra Hadi, 2011. Bahan Ajar Matakuliah English Phonology untuk Mahasiswa Semester Tiga Universitas Muhammadiyah Gresik. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Hj. Kasihani K. E. S., M.A., Ph.D., (II) Dr. Roembilin Soepadi, M.A.
Key words: Mata kuliah English Phonology, penelitian pengembangan, Univeristas Muhammadiyah Gresik.
Tidak tersedianya bahan ajar mata kuliah English Phonology menjadi masalah utama dalam melaksanakan penelitian pengembangan ini. Dalam pelaksanaan penelitian pengembangan, peneliti memodifikasi model pengembangan ADDIE milik Kevin Kruse. ADDIC singkatan dari Analysis (analisa), Design (perencanaan), Development (pengembangan) dan Evaluation (pengujian). Peneliti tidak melaksanakan semua tahapan dari ADDIE. Peneliti memulai dari tahapan kedua, perencanaan, dengan melakukan perbaikan dari silabus yang telah ada. Kemudian pada tahapan pengembangan peneliti membuat bentuk dasar dari produk yang akan dibuat. Peneliti mengkonsultasikan bentuk awal produk ke ahli untuk mendapatkan pengesahan. Dr. Amrin Batubara, M.A. TEFL, menyarankan untuk melengkapi produk dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan cara pelafalan bunyi bahasa Inggris. Sedangkan dari ahli kedua, Dr. Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. peneliti mendapatkan saran agar pengajaran mata kuliah English Phonology dilengkapi dengan audio atau video yang berhubungan dengan pelafalan bahasa Inggris.
Di tahap selanjutnya, tahap pelaksanaan, peneliti mengadakan uji coba produk terbatas. Peserta uji coba produk terbatas adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah English Phonology sebelumnya. Jumlah keseluruhan peserta 18 mahasiswa Uji coba terbatas ini diselenggarakan dalam empat pertemuan. Di pertemuan pertama peneliti menjelaskan tujuan diadakannya uji coba terbatas, mengadakan tanya jawab dengan peserta seputar masalah yang dihadapi waktu mengambil mata kuliah English Phonology dan memberikan questioner yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang mahasiswa menempuh mata kuliah English Phonology. Di pertemuan kedua peneliti melaksanakan proses pengajaran English Phonology yang membahas bunyi vokal bahasa Inggris. Di pertemuan ketiga peneliti melakukan hal yang sama seperti di pertemuan kedua tetapi fokusnya berbeda yaitu pelafalan bunyi konsonan bahasa Inggris. Pada pertemuan terakhir peneliti membagikan checklist bertujuan untuk mengetahui produk yang telah dihasilkan, buku ajar English Phonology, sudah memenuhi persyaratan dalam hal kegunaan, keefektifan dan ketertarikan. Setelah mendapatkan umpan balik dari mahasiswa berupa hasil checklist peneliti merevisi lagi produknya. Kemudian mengkonsultasikannya ke pembimbing. Dari pembimbing peneliti mendapatkan masukan produk akhir harus dilengkapi dengan latihan dalam bentuk persatuan bunyi bahasa atau pasangan bunyi bahasa Inggris yang hampir sama pelafalannya.
Produk akhir dari penelitan pengembangan ini adalah sebuah buku ajar mata kuliah English Phonology yang direkomendasikan digunakan oleh mahasiswa S1 jurusan Kependidikan Bahasa Inggris. Kelebihan dari buku ajar ini adalah (1) disajikan dengan sangat jelas menggunakan bahasa yang mudah dipahami, (2) disusun rapi dari bahasan yang umum ke yang khusus, (3) disajikan dengan penjelasan teoritis juga gambar-gambar yang mewakili setiap proses pelafalan bunyi bahasa Inggris, dan latihan baik dalam bentuk tunggal bunyi bahasa Inggris ataupun bunyi bahasa yang hampir sama pelafalannya (4) menggunakan bahasa Inggris dengan aksen British.